Mahasiswa STTN Belajar PLTN Melalui Kuliah Umum


Kamis, 23 Maret 2017 - 13:20:17 WIB
Diposting oleh : taurina eka
Kategori: Berita STTN - Dibaca: 388 kali


(Yogyakarta, 22/3/17).  Sekolah Tinggi Teknologi Nuklir – Badan Tenaga Nuklir Nasional (STTN - BATAN) hari Rabu, 22 Maret 2017 mengadakan kuliah umum bagi mahasiswa dan pegawai di lingkungan STTN dengan mengangkat tema “A Historical and Scientific Story behind the NPP Sites of Jepara and It’s Potential Role for Capacity Building in The Future”. Acara yang diselenggarakan di gedung Auditorium STTN ini mengundang Ir. Yarianto Sugeng Budi Susilo, M. Si selaku Kepala Pusat Kajian Sistem Energi Nuklir – BATAN (PKSEN-BATAN) sebagai narasumber dihadiri oleh lebih dari 250 mahasiswa semester 2, 4 dan 6 dari ketiga Prodi yang ada di STTN.

 

“Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) merupakan sebuah program yang menjadi tantangan bagi generasi penerus masa depan”, kata Yarianto di awal memberikan kuliah umum. “Kekuatan bangsa terletak pada ketersediaan energi. Bangsa yang unggul adalah bangsa yang dapat menguasai energi,” sambungnya. Lebih lanjut, dalam pemaparannya beliau menjelaskan tentang cerita sejarah dan kajian ilmiah di balik penyiapan tapak dan pembangunan PLTN Jepara serta potensinya untuk pembangunan kapasitas sumber daya manusia (SDM) iptek nuklir di masa depan.

 

Edy Giri Rachman Putra, Ph.D selaku Ketua STTN dalam sambutannya menyampaikan bahwa seluruh fasilitas BATAN di Loka Jepara yaitu Loka Pemantauan Tapak dan Lingkungan yang dahulunya bertujuan melakukan penelitian dan penyiapan tapak untuk pembangunan Pusat Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) pertama di Indonesia, akan menjadi bagian dari STTN. “Jepara akan menjadi kampus J2 STTN, setelah Kampus STTN di Yogyakarta sebagai J1 nya,” ungkapnya. Beliau berharap, fasilitas Loka Jepara dapat dimanfaatkan secara maksimal  khususnya bagi mahasiswa STTN sebagai media pembelajaran untuk mengembangkan serta mengimplementasikan iptek nuklir, tidak hanya di bidang energi tetapi juga non-energi. (tek)

 



Berita Terkait:

0 Komentar :


Isi Komentar:
  • Nama :
  • Website :
  • Komentar :
  • (Masukkan 6 kode diatas)
  • Badan Pengawas Tenaga Nuklir
  • JURNAL FORUM NUKLIR
  • BATAN
Top
  • Follows us our servcies