Kunjungan prodi Elins ke Stake Holder dalam Rangka Pengembangan Kurikulum program Studi


Senin, 17 April 2017 - 10:00:16 WIB
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Berita STTN - Dibaca: 1043 kali


(Jakarta, 11-13 April 2017) Kurikulum merupakan suatu paket program yang diselenggarakan oleh program studi dalam mencapai tujuannya yaitu menghasilkan lulusan yang berkompeten. Kegiatan pengembangan kurikulum dilakukan untuk menghasilkan kurikulum yang baik. Metode pengembangan tersebut dilakukan dengan mengembangkan deskripsi profil lulusan dan deskripsi capaian pembelajaran yang diperoleh dengan menggali informasi dan data di stake holder pengguna lulusan. Informasi, data, serta masukan dari stake holder, khususnya pengguna lulusan prodi Elins, akan digunakan sebagai bahan kajian untuk mengembangkan deskripsi capaian pembelajaran, serta silabus mata kuliah, sehingga dapat mensinergikan konten perkuliahan di prodi Elins dengan kebutuhan di industri sebagai salah satu stake holder pengguna lulusan.

 
Dalam rangka tersebut, pada tanggal 11 – 13 April 2017 prodi Elins melaksanakan kunjungan ke beberapa instansi yaitu di PT Pacific Aman Garda (PT PAG), Matana University, dan Pusat Rekayasa Falisitas Nuklir-Badan Tenaga Nuklir Nasional (PRFN-BATAN). Instansi tersebut dinilai memiliki kesesuian dengan profil lulusan di prodi Elins, sehingga kunjungan ke instansi tersebut ditargetkan akan memperoleh data-data hasil diskusi terkait capaian pembelajaran setiap profil prodi Elins.

 
Pada kunjungan di PT PAG dan PRFN BATAN dilakukan diskusi tentang capaian pembelajaran untuk profil lulusan prodi yaitu Perekayasa instrumentasi & kendali, Pengawas perawatan/pemeliharaan, Supervisor Quality control, IT analyst & programmer, dan Petugas Keselamatan dan Proteksi Radiasi. Hasil diskusi diperoleh masukan diantaranya adalah capaian pembelajaran pada profil perekayasa instrumentasi dan kendali tidak hanya sebatas pada teknologi mikroprosesor/mikrokontroler, namun diperluas pada sistem tertanam (embedded system) sehingga lebih fleksibel terhadap perkembangan teknologi.

 
Selain terkait dengan capaian pembelajaran, kunjungan ini juga untuk melakukan kajian kurikulum terkait minat studi dan laboratorium instrumentasi medis, diskusi tersbut dilaksanakan dengan Matana University dan PRFN-BATAN. Salah satu hasil terkait diskusi tersebut adalah perlunya penekanan dalam hal penguasaan perangkat instrumentasi medis. Berbagai perangkat medis perlu diperkenalkan kepada mahasiswa minat studi instrumentasi medis baik dalam hal prinsip kerja, pengoperasian, modifikasi, hingga perawatan peralatan tersebut.

 
Hasil kunjungan dari seluruh instansi ini akan digunakan oleh prodi Elins untuk memperbaiki kurikulum serta mengupdate capaian pembelajaran hingga ke silabus dan RPS mata kuliah. Selain hal itu, hasil ini juga digunakan untuk pengembangan minat studi dan laboratorium instrumentasi medik, sehingga kurikulum prodi Elins dapat lebih optimal untuk menghasilkan lulusan yang kompeten. (tdn)

 

 

 



Berita Terkait:

0 Komentar :


Isi Komentar:
  • Nama :
  • Website :
  • Komentar :
  • (Masukkan 6 kode diatas)
  • Badan Pengawas Tenaga Nuklir
  • JURNAL FORUM NUKLIR
  • BATAN
Top
  • Follows us our servcies