Aplikasi Teknologi Nuklir (Hamburan Neutron) Merambah ke Timur Indonesia


Selasa, 18 April 2017 - 08:20:27 WIB
Diposting oleh : taurina eka
Kategori: Berita STTN - Dibaca: 77 kali


(Surabaya & Makassar, 12-13 April 2017). Keunggulan neutron dalam menembus bahan (material) hingga kedalaman yang tinggi, adanya faktor kontras akibat perbedaan interaksi antara neutron dengan setiap inti atom, serta interaksi spin neutron dengan momen magnet, disampaikan oleh Edy Giri Rachman Putra, Peneliti Madya bidang hamburan neutron, sekaligus juga sebagai Ketua Sekolah Tinggi Teknologi Nuklir (STTN) dalam mempromosikan dan mendesiminiasikan iptek nuklir secara langsung ke kalangan akademisi (dosen dan mahasiswa) di Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya dan Universitas Negeri Makassar (UNM) Makassar.

 

Metode hamburan neutron ini memiliki kemampuan luar biasa untuk digunakan dalam karakterisasi bahan pada bidang yang luas, seperti transportasi, energi, elektronika, kesehatan, industri baja dan logam bahkan bidang kebudayaan. Namun, metode ini tidak banyak diketahui dan dipahami dikalangan akademisi, sekalipun fasilitas atau laboratorium hamburan neutron yang berada di Kawasan Nuklir BATAN Serpong, memanfaatkan berkas neutron yang dihasilkan dari Reaktor Serba Guna G. A. Siwabessy (RSG-GAS), merupakan satu-satunya fasilitas hamburan neutron terbesar dan terlengkap di kawasan Asia Tenggara. Keterbatasan informasi dan pengetahuan dalam aplikasi, akses masuk ke dalam laboratorium serta mekanisme penggunaan fasilitas hamburan neutron menjadi penyebab kurang maksimalnya pendayagunaan fasilitas nuklir yang dimiliki BATAN.

 

Kuliah tamu yang diberikan di Jurusan Fisika, FMIPA – ITS membuka wawasan yang lebih terhadap teknik nuklir ini untuk penelitian bahan maju kepada dosen dan mahasiswa dalam rangka meningkatkan kerjasama penelitian dan publikasi yang sudah berjalan selama ini antara BATAN dengan ITS. Disamping itu, bekerjasama dengan Indonesian Neutron Scattering Society (INSS), Universitas Hasanuddin, Universitas Negeri Makassar (UNM), ITS dan STTN – BATAN digelar Workshop on Neutron Scattering Applications in Material Research and Industry yang diselenggarakan di UNM Makassar dalam rangka promosi dan desiminasi iptek nuklir ke kalangan akademisi di Indonesia bagian timur. Antusias dari kalangan dosen maupun mahasiswa mengenai aplikasi teknik nuklir ini untuk penelitian sangat tinggi yang diindikasikan dari pertanyaan serta diskusi yang menyatakan keinginan untuk melakukan penelitian lanjutan. Tentunya hasil penelitian tersebut akan memberikan peluang yang tinggi untuk mempublikasikan di jurnal yang bereputasi, khususnya jurnal internasional dalam meningkatkan indeks sitasi publikasi ilmiah dari penelitian yang dilakukan di Indonesia. Hal ini menjadi keharusan dalam peningkatan penjaminan mutu akademik dan kualitas pembelajaran di perguruan tinggi, termasuk juga di STTN. (egp)

 



Berita Terkait:

0 Komentar :


Isi Komentar:
  • Nama :
  • Website :
  • Komentar :
  • (Masukkan 6 kode diatas)
  • Badan Pengawas Tenaga Nuklir
  • JURNAL FORUM NUKLIR
  • BATAN
Top
  • Follows us our servcies