Diskusi Analisis Keselamatan Probabilistik Bersama Ir. D.T. Sony Tjahyani, M.Eng


Jumat, 11 Agustus 2017 - 08:31:27 WIB
Diposting oleh : taurina eka
Kategori: Berita STTN - Dibaca: 3732 kali


(Yogyakarta, 8/8/17). Peneliti dari Pusat Teknologi Keselamatan Reaktor Nuklir (PTKRN-BATAN), Ir. D.T. Sony Tjahyani, M.Eng berkesempatan menjadi narasumber Forum Group Discussion Analisis Keselamatan Probabilistik atau yang biasa dikenal sebagai Probabilistic Safety Assessment (PSA) pada hari Selasa, 8 Agustus 2017. Kehadiran beliau di STTN juga sekaligus sebagai penguji tugas akhir salah satu mahasiswa STTN yang melaksanakan penelitian tugas akhir di PTKRN. Kegiatan yang dilaksanakan di ruang sidang lantai IV STTN tersebut dihadiri oleh dosen dan mahasiswa Teknofisika Nuklir.

 

Dalam materinya, Sony menjelaskan PSA secara umum, pembagian PSA menjadi level-1, level-2, dan level-3, serta analisis apa saja yang harus dilakukan pada setiap level. Dalam pelaksanaannya, PSA melibatkan banyak personil dan tidak terbatas pada kalangan teknik fisika saja, tetapi juga bisa dari teknik kimia. Pernyataan beliau ini membuka peluang bagi STTN untuk melakukan penelitian di bidang PSA kedepannya.

 

Ir. Aliq, M.T., Ph.D selaku Kepala UPPM dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bapak Sony atas kesediaan beliau untuk berbagi ilmu kepada civitas akademika STTN. Melalui kegiatan ini beliau mengharapkan agar materi yang disampaikan dapat menambah wawasan dan inspirasi untuk mengembangkan ide-ide penelitian dosen STTN berkaitan dengan aplikasi metode PSA selain untuk  reaktor nuklir berpendingin air (Light Water Reactor), reaktor berpendingin gas (High Temperature Gas-Cooled Reactor), juga dapat diterapkan pada sistem pembangkit listrik konvensional di Indonesia.(na)

 



Berita Terkait:

0 Komentar :


Isi Komentar:
  • Nama :
  • Website :
  • Komentar :
  • (Masukkan 6 kode diatas)
  • Badan Pengawas Tenaga Nuklir
  • JURNAL FORUM NUKLIR
  • BATAN
Top
  • Follows us our servcies