STTN Akan Segera Miliki Fasilitas Iradiator Gamma


Rabu, 13 September 2017 - 14:59:02 WIB
Diposting oleh : taurina eka
Kategori: Berita STTN - Dibaca: 1190 kali


(Yogyakarta, 8/9/17). Salah satu program Sekolah Tinggi Teknologi Nuklir (STTN) pada tahun 2017, salah satunya adalah membangun fasilitas iradiator gamma. Fasilitas ini akan dimanfaatkan oleh STTN untuk kegiatan praktikum, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, dan sertifikasi personel petugas iradiator. Dengan adanya fasilitas iradiator gamma di STTN, diharapkan dapat meningkatkan kualitas pendidikan di STTN dan kualitas lulusannya. Fasilitas iradiator juga akan dapat menjadi unggulan bagi STTN, karena selain STTN tidak ada perguruan tinggi lain di Indonesia yang memilikinya.

 

Pada akhir bulan Agustus tahun ini, telah selesai dibangun gedung iradiator, dimana iradiator gamma akan ditempatkan. Oleh karena itu, pada tanggal 28 sampai dengan 31 Agustus 2017, tim STTN, yang terdiri dari Sugili Putra, ST, M. Sc (dosen Teknokimia Nuklir), Toto Trikasjono, ST, M. Kes (dosen Teknofisika Nuklir), beserta Edy Giri Rachman Putra, Ph. D (Ketua STTN), melakukan kunjungan ke Institute of Isotopes Co. Ltd. di Hungaria sebagai rangkaian kegiatan FAT (Factory Acceptance Test) iradiator gamma.

 

Pada kesempatan tersebut, tim STTN juga berkunjung ke beberapa fasilitas yang dimiliki oleh Institute of Isotopes Co. Ltd. Beberapa fasilitas yang dikunjungi antara lain adalah: departemen teknik dimana iradiator gamma dibuat, fasilitas iradiator tipe panoramic, fasilitas pembuatan sumber radiasi dan radioimmunoassay.

 

Hari terakhir kunjungan ke Hungaria, dimanfaatkan untuk melakukan kunjungan ke perusahaan Gamma Technical Corporation. Perusahaan tersebut pada masa lalu merupakan fasilitas militer untuk mengembangkan peralatan-peralatan perang. Di era sekarang, fasilitas ini dimanfaatkan untuk mengembangkan peralatan terkait dengan keselamatan dan keamanan nuklir. Fasilitas ini terlihat sangat sederhana, akan tetapi dapat menghasilkan produk-produk yang luar biasa. Beberapa produk yang telah dihasilkan dari perusahaan ini antara lain: detektor radiasi, unit pemantauan lingkungan, laboratorium lingkungan yang dapat dipindah-pindahkan, bahkan kendaraan kedaruratan nuklir. Di akhir kunjungan, tim STTN diberi kesempatan menaiki kendaraan berat untuk kedaruratan nuklir.

 

Kunjungan ke Hungaria tersebut sangat menginspirasi STTN. Dengan fasilitas yang tidak kalah dengan yang mereka miliki, merupakan tantangan untuk dapat menghasilkan karya yang setara bahkan lebih dari apa yang telah mereka hasilkan. Kedepannya, irradiator gamma di STTN dapat menjadi fasilitas yang memiliki manfaat besar untuk kemajuan teknologi nuklir di Indonesia dan akan menjadi penciri antara STTN dengan perguruan tinggi lainnya. Maju terus STTN untuk menjadi perguruan tinggi yang mendunia. (sp/tt/egp).



Berita Terkait:

0 Komentar :


Isi Komentar:
  • Nama :
  • Website :
  • Komentar :
  • (Masukkan 6 kode diatas)
  • Badan Pengawas Tenaga Nuklir
  • JURNAL FORUM NUKLIR
  • BATAN
Top
  • Follows us our servcies