Mengenal STTN lebih Dekat, Siswa SMAN 1 Temanggung Berkunjung ke STTN


Jumat, 10 November 2017 - 15:03:40 WIB
Diposting oleh : taurina eka
Kategori: Berita STTN - Dibaca: 152 kali


(Yogyakarta, 7/11/17). Cuaca yang panas tidak menghilangkan semangat siswa dari SMAN 1 Temanggung untuk mengenal Sekolah Tinggi Teknologi Nuklir – Badan Tenaga Nuklir Nasional (STTN – BATAN) secara dekat. Setelah mengunjungi reaktor Kartini di Pusat Sains dan Teknologi Akselerator (PSTA – BATAN), pada hari Selasa, 7 November 2017, siswa – siswa SMAN 1 Temanggung melanjutkan kegiatan dengan berkunjung ke STTN.

 

“Kekeroposan pada sambungan las dapat di deteksi dengan menggunakan nuklir. Makanan dapat tahan lama dengan cara diawetkan menggunakan iradiasi,” terang Ir. Dwi Priyantoro, M. Si selaku pembantu ketua III bidang kemahasiswaan pada sambutannya, yang menceritakan tentang manfaat nuklir selain untuk PLTN. Beliau juga menyampaikan harapan terjalinnya hubungan yang lebih dekat antara STTN dengan SMAN 1 Temanggung setelah adanya kunjungan ini.

 

Dalam kunjungan ke STTN ini, siswa SMAN 1 Temanggung mendapatkan penjelasan tentang profil STTN oleh Rita Tyas Mulatsih, SH. Selain itu, hadir Yudisti Nur Hidayat, seorang mahasiswa STTN yang merupakan alumni SMAN 1 Temanggung yang memberikan testimoni tentang bagaimana menjadi mahasiswa di STTN. “Bagi adik-adik yang ingin belajar nuklir, masuklah ke STTN. Kita akan dididik bukan dari ilmunya saja, namun juga dari segi praktik,” ujarnya. Yudisti juga menjelaskan tentang efek radiasi yang selama ini dianggap sebagian orang menjadikan mandul. “Tidak perlu takut dengan radiasi, karena selama ini kita selalu berhubungan dengan radiasi, seperti radiasi matahari, radiasi dari TV, hand phone dan masih banyak lainnya,” tambah Yudisti. Kunjungan ke lab. Radiografi – NDT dan lab. Bengkel Mekanik menjadi penutup kunjungan.(tek)

 

 



Berita Terkait:

0 Komentar :


Isi Komentar:
  • Nama :
  • Website :
  • Komentar :
  • (Masukkan 6 kode diatas)
  • Badan Pengawas Tenaga Nuklir
  • JURNAL FORUM NUKLIR
  • BATAN
Top
  • Follows us our servcies