LIFOCO#5, Robot And Digital Era


Rabu, 22 November 2017 - 11:48:12 WIB
Diposting oleh : taurina eka
Kategori: Berita STTN - Dibaca: 76 kali


(Yogyakarta, 21/11/17). Tidak bisa dipungkiri, di zaman modern seperti saat ini kemajuan teknologi sudah merasuk ke sendi-sendi kehidupan manusia, termasuk perkembangan teknologi robotik. Berlatar belakang hal tersebut, Himpunan Mahasiswa Elektronika Instrumentasi (HIMA Elins) atau dikenal juga HIMA Einsten.com kembali mengadakan program tahunannya yaitu LIFOCO#5 (Line Follower Competition) yang bertajuk ‘Robot and Digital Era’, Minggu 12 November 2017.

 

Ajang lomba robotik terbesar di kampus kenukliran ini, diikuti 40 tim yang berasal dari perguruan tinggi dan SMA sederajat se Indonesia. Acara yang digelar di Auditorium Sekolah Tinggi Teknologi Nuklir – Badan Tenaga Nuklir Nasional (STTN-BATAN), Yogyakarta tersebut berlangsung dari pukul 07.00 - 21.00 WIB. Kegiatan Lifoco#5 dibuka secara resmi oleh Ketua STTN, Edy Giri Rachman Putra, Ph. D dengan menjalankan robot line follower sampai dengan garis finish.

 

Perlombaan diawali dengan penyisihan 32 besar. Peserta yang lolos ke babak 32 besar adalah tim yang robotnya mampu finish dengan waktu yang sesingkat-singkatnya. Dari 32 tim yang lolos, dilakukan kembali babak penyisihan hingga diperoleh 16 tim terbaik yang bisa lolos ke babak 16 besar. Rintangan yang harus dilalui tim 16 besar tersebut semakin sulit hingga akhirnya diperoleh 6 tim terbaik, yang terdiri dari Ichibot ACE, Ichibot Blackwarrior, Ichibot Auctor, Ichibot RR Galipat,  Ichibot FF, dan Romonuklida.  Keenam tim tersebut harus bertanding total sebanyak 15 kali tanding atau head to head sebanyak 5 kali untuk memperebutkan gelar juara 1, 2 dan 3 serta best design dengan total hadiah senilai 9,5 juta rupiah.

 

Juara 1 berhak disandang tim Ichibot Auctor dari Universitas Gadjah Mada (UGM) yang berhak mendapatkan hadiah sebesar 5 juta dan piala Gubernur DIY, juara 2 diperoleh tim Ichibot RR Galipat dari Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) dengan hadiah sebesar 3 juta dan piala dari Bupati Sleman, juara 3 ditempati tim Romonuklida dari STTN dengan hadiah sebesar 1 juta dan piala STTN, serta juara best design oleh tim Ichibot Junior dari UNY yang berhak menerima hadiah sebesar 500 ribu dan piala dari HIMA Elins STTN.

 

Dengan diselenggarakannya LIFOCO#5 ini juga sebagai acara puncak dari Instrumentation Expo and Communicative Talk 1.0 (INSECT 1.0). Semoga kedepannya LIFOCO akan kembali hadir dengan perlombaan robot line follower yang lebih menantang. LIFOCO 2017. Let’s start the Next Era. (vindha)

 

 



Berita Terkait:

0 Komentar :


Isi Komentar:
  • Nama :
  • Website :
  • Komentar :
  • (Masukkan 6 kode diatas)
  • Badan Pengawas Tenaga Nuklir
  • JURNAL FORUM NUKLIR
  • BATAN
Top
  • Follows us our servcies