Bangun Desa di Desa Kutugan oleh Mahasiswa STTN


Rabu, 22 November 2017 - 11:53:19 WIB
Diposting oleh : taurina eka
Kategori: Berita STTN - Dibaca: 494 kali


(Yogyakarta, 21/11/17). Dalam rangka berpartisipasi untuk memajukan pembangunan desa tertinggal, Himpunan Mahasiswa program studi Elektro Mekanika (EMC), Sekolah Tinggi Teknologi Nuklir – Badan Tenaga Nuklir Nasional (STTN BATAN) melaksanakan kegiatan tahunan yaitu Bangun Desa 2017.

 

Kegiatan Bangun Desa 2017 dilaksanakan di Dusun Kutugan, Pundung Sari, Semin, Gunung Kidul, Yogyakarta. Kegiatan berlangsung selama 2 hari, dimulai tanggal 18-19 November 2017 dan diikuti oleh 46 mahasiswa Elektro Mekanika.

 

Serangkaian kegiatan dilaksanakan antara lain dengan berpartisipasi dalam kegiatan Taman Pendidikan Al Qur’an (TPA) di masjid dusun Kutugan, dilanjut dengan games yang dipandu oleh beberapa mahasiswa STTN. Kegiatan  berlangsung meriah dan dapat mengakrabkan mahasiswa dengan warga sekitar.

 

Acara selanjutnya adalah sosialisasi iptek nuklir tentang Aplikasi Teknologi Nuklir yang diberikan oleh mahasiswa Elektro Mekanika STTN, yaitu Gery dan Ihyak di rumah Kepala Dusun setempat, yang  dimulai pukul 19.00 WIB.  Sebelum acara dimulai, didahului penampilan karawitan yang dimainkan oleh warga dusun setempat. Warga sangat antusias menyimak materi yang diberikan karena sebagian besar materi menyinggung tentang aplikasi nuklir non energi seperti manfaat nuklir dibidang pertanian dan peternakan dimana sesuai dengan mata pencaharian mereka sebagai petani dan peternak, bahkan beberapa petani tertarik untuk mengembangkan bibit unggul hasil pemuliaan BATAN.

 

Keesokan harinya, kegiatan dilanjutkan dengan gotong royong membersihkan desa dan membangun pagar batas balai desa yang telah 1 minggu lalu dikerjakan. Pagar batas balai desa ini merupakan hasil dari sumbangan mahasiswa dan alumni Elektro Mekanika STTN-BATAN. Kegiatan berakhir pukul 10.00 WIB dan ditutup dengan penyerahan bibit padi unggul hasil BATAN varietas Sidenuk oleh mahasiswa STTN kepada kepala dusun setempat untuk selanjutnya diserahkan kepada warga desa. Gery sebagai ketua pelaksana dalam kegiatan ini berharap kegiatan Bangun Desa seperti ini dapat dilakukan secara berkelanjutan di dusun yang sama sehingga desa Kutugan dapat maju dalam hal pembangunan dan perkembangan desa.(afina)

 

 



Berita Terkait:

0 Komentar :


Isi Komentar:
  • Nama :
  • Website :
  • Komentar :
  • (Masukkan 6 kode diatas)
  • Badan Pengawas Tenaga Nuklir
  • JURNAL FORUM NUKLIR
  • BATAN
Top
  • Follows us our servcies