Mahasiswa STTN Ikuti The 6th ASEAN Synchrotron Science Camp with Special Neutron Symposium, Thailand


Kamis, 14 Desember 2017 - 04:38:53 WIB
Diposting oleh : taurina eka
Kategori: Berita STTN - Dibaca: 1022 kali


(Yogyakarta, 11/12/17). The 6thASEAN Synchrotron Science Camp with Special Neutron Symposium di Thailand merupakan sebuah ajang bergengsi untuk diikuti bagi mahasiswa di ASEAN. Frensi Anggraini, Mahasiswa Sekolah Tinggi Teknologi Nuklir – Badan Tenaga Nuklir Nasional (STTN – BATAN) adalah salah satu peserta dari Indonesia yang terpilih untuk mengikuti kegiatan bergengsi tersebut.

 

Kegiatan dilaksanakan pada tanggal 27 November – 1 Desember 2017 di Faculty of Science, Kasetsart University, Bangkok dilanjutkan di Sirindhornwitchothai Building, Synchrotron Light Research Institute (SLRI), Muang District, Nakhon Ratchasima Province, Thailand. Jumlah peserta 83 orang yang berasal dari Indonesia (33 orang), Kamboja (1 orang), Malaysia (12 orang), Myanmar (1 orang), Filipina (8 orang), Thailand (18 orang) dan Vietnam (10 orang).

 

Menurut Frensi, kegiatan yang dilaksanakan selama melaksanakan Science Camp adalah mengikuti presentasi terkait aplikasi neutron, teknologi sinkrotron tentang akselerator, produksi radiasi sinkrotron, serta penerapan radiasi sinkrotron dengan dasar sains dan teknologi  yang disampaikan oleh tim ilmuwan yang berpengalaman di bidangnya.

 

Peserta juga berkesempatan mengunjungi beamlines dan stasiun eksperimental serta mendiskusikan topik penelitian bersama ilmuwan SLRI, untuk berkolaborasi di masa depan.  Selain itu, peserta  juga berkesempatan berpartisipasi dalam eksperimen di Laboratorium Siam Photon dalam pelaksanaan penelitian bersama dengan ilmuwan SLRI mengenai topik yang diminati.

 

“Dengan mengikuti Science Camp ini, saya mendapat banyak ilmu baru tentang Neutron Scattering. Selain itu, kesempatan terbuka bagi saya melaksanakan internship di SLRI dan juga informasi terkait beasiswa di CERN. Menambah saudara dari negara lain itu sudah pasti,” ungkap Frensi. (tek/frensi)

 



Berita Terkait:

0 Komentar :


Isi Komentar:
  • Nama :
  • Website :
  • Komentar :
  • (Masukkan 6 kode diatas)
  • Badan Pengawas Tenaga Nuklir
  • JURNAL FORUM NUKLIR
  • BATAN
Top
  • Follows us our servcies