Ketua STTN: PPR sebagai Basic Lulusan STTN


Jumat, 09 Februari 2018 - 16:02:49 WIB
Diposting oleh : taurina eka
Kategori: Berita STTN - Dibaca: 1632 kali


(Yogyakarta, 9/2/18). Salah satu fasilitas yang diberikan Sekolah Tinggi Teknologi Nuklir – Badan Tenaga Nuklir Nasional (STTN – BATAN) kepada mahasiswa tingkat akhir adalah kesempatan untuk mendapat lisensi Surat Izin Bekerja Petugas Proteksi Radiasi (SIB PPR) Industri tingkat I dari Badan Pengawas Tenaga Nuklir (BAPETEN). Guna mendapatkan lisensi tersebut, seseorang terlebih dahulu harus mengikuti pelatihan. Pelatihan disarankan sebagai salah satu syarat penting jika ingin mengikuti ujian lisensi PPR yang mendapatkan izin dari BAPETEN.

 

“STTN mendapat izin dari BAPETEN sebagai penyelenggara / lembaga pelatihan PPR sejak tahun 2005,” ujar Maria Christina Prihatiningsih, M. Eng selaku ketua panitia penyelenggaraan pelatihan SIB PPR Industri tingkat I tahun 2018 pada pembukaan pelatihan yang dilaksanakan pada hari Kamis, 8 Februari 2018. Beliau menjelaskan bahwa sebagai penyelenggara pelatihan, STTN senantiasa berusaha meningkatkan mutunya, seperti pembuatan Kerangka Acuan Kerja (KAK), menyiapkan Standar Operasional Prosedur (SOP) serta melaksanakan evaluasi pelatihan. “Untuk mewujudkan hal tersebut, tahun ini dilaksanakan perbaikan modul serta penambahan materi dari yang sebelumnya,” terangnya.

 

Sementara ketua STTN, Edy Giri Rachman, Ph. D dalam sambutannya menyampaikan  bahwa STTN adalah perguruan tinggi yang berbasis kenukliran dan merupakan sekolah tinggi vokasi. “Ijazah saja belum cukup, perlu adanya surat keterangan pendamping ijazah, seperti SIB PPR Industri tingkat I. PPR akan menjadi basic lulusan STTN,” terang beliau. Lebih lanjut Edy Giri menyampaikan bahwa ketika seseorang memiliki lisensi khusus, maka dirinya akan memiliki peluang yang besar dalam dunia kerja. “Maksimalkan pelatihan ini dengan baik, persiapkan diri untuk menghadapi ujian lisensi dari BAPETEN. Semoga kalian semua bisa lulus dan mendapatkan lisensi SIB PPR Industri tingkat I,” akhirnya.

 

Pelatihan Petugas Proteksi Radiasi Industri tingkat I di STTN diselenggarakan mulai tanggal 8 – 19 Februari 2018, dengan pengajar dari STTN, Pusat Sains dan Teknologi Akselerator (PSTA – BATAN) dan BAPETEN. Pelatihan diikuti 90 peserta, yang terdiri dari 87 peserta mahasiswa dan 3 pegawai yang membutuhkan lisensi SIB PPR guna menunjang kinerjanya di BATAN. Ujian lisensi dari BAPETEN akan dilaksanakan pada tanggal 26 - 27 Februari 2018. (tek)



Berita Terkait:

0 Komentar :


Isi Komentar:
  • Nama :
  • Website :
  • Komentar :
  • (Masukkan 6 kode diatas)
  • Badan Pengawas Tenaga Nuklir
  • JURNAL FORUM NUKLIR
  • BATAN
Top
  • Follows us our servcies