STTN Bahas Kerja Sama dengan UNY, USM serta UNS untuk Pengembangan Lembaga


Rabu, 28 Februari 2018 - 16:10:21 WIB
Diposting oleh : taurina eka
Kategori: Berita STTN - Dibaca: 257 kali


(Yogyakarta, 27/2/18). “Kerjasama antar Perguruan Tinggi memiliki tujuan untuk saling memperkuat, sehingga perlu dipikirkan substansi serta desain kerjasama untuk mencapai hasil yang diharapkan.,” demikian disampaikan Kepala Biro Hukum, Humas dan Kerja Sama (BHHK) – Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN), Ir. Eko Madi Parmanto dalam acara pembahasan perancangan kerjasama antara Sekolah Tinggi Teknologi Nuklir (STTN-BATAN) dengan Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Universitas Sebelas Maret (UNS) serta Universitas Serambi Mekkah (USM), pada hari Rabu, 27 Februari 2018 di salah satu ruang rapat STTN. Menurut beliau, selain dimanfaatkan oleh masing-masing institusi yang melaksanakan kerjasama, BATAN juga banyak diuntungkan, karena akan semakin banyak stake holder yang paham tentang nuklir.

 

Lebih lanjut Eko Madi menjelaskan, bahwa konteks dari sebuah kerjasama adalah sebelum dilaksanakan penandatanganan kerjasama, perlu dilaksanakan terlebih dahulu diskusi terkait potensi yang dimiliki oleh masing-masing institusi yang akan dikembangkan bersama, sehingga penandatanganan bukan hanya sebagai simbol saja. Hal ini disebabkan karena kerjasama dilakukan untuk mencapai tujuan yang efisien dan efektif.  Potensi dari kedua belah pihak juga harus dibicarakan, sehingga ke depannya tidak terjadi kesalahpahaman. “Kerjasama harus didesain sedemikian rupa, sehingga hasilnya jelas dan dapat di implementasikan di lapangan,” jelasnya.

 

Edy Giri Rachman Putra, Ph. D selaku Ketua STTN menyampaikan bahwa ini adalah pertama kalinya bagi STTN berkoordinasi secara langsung dengan BHHK dalam menginisiasi pembahasan kerjasama. “ Ini adalah kesempatan yang baik bagi STTN, dimana BATAN melalui BHHK dapat memberikan masukan secara langsung bagaimana sebuah kerjasama seharusnya dilakukan,” ucap beliau.  Selain itu, beliau juga berharap  adanya masukan terkait pembuatan kebijakan pembuatan SOP MoU untuk melaksanakan kerjasama dengan instansi / lembaga lain.

 

Sejak tahun 2012, STTN telah melaksanakan perjanjian kerjasama dengan LPPMP UNY untuk peningkatan kemampuan dan ketrampilan mahasiswa dalam berbahasa Inggris. Pada tahun ini, kerjasama tersebut akan ditingkatkan menjadi perjanjian kerjasama tingkat Fakultas, serta tidak menutup kemungkinan akan dijadikan sebagai kerjasama (MoU) tingkat Universitas. Demikian halnya dengan UNS (FMIPA - UNS) dan USM (FT - USM), yang mana saat ini pelaksanaan kerjasama pada tingkat Fakultas, tidak menutup kemungkinan akan dilaksanakan pembahasan lebih lanjut untuk menjadi kerjasama (MoU) tingkat Universitas.

 

Sebagai Perguruan Tinggi, STTN memiliki kewajiban untuk melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Kerjasama dengan institusi lain menjadi sebuah jalan untuk pengembangan STTN ke depannya. Penelitian bersama, kerjasama pengajar menjadi wujud implementasi bahwa kerjasama antar perguruan tinggi menjadi sebuah kekuatan untuk mengembangkan lembaga. (tek)

 

 



Berita Terkait:

0 Komentar :


Isi Komentar:
  • Nama :
  • Website :
  • Komentar :
  • (Masukkan 6 kode diatas)
  • Badan Pengawas Tenaga Nuklir
  • JURNAL FORUM NUKLIR
  • BATAN
  • SDMIN 2018
Top
  • Follows us our servcies