STTN Membuka Diri untuk Pengembangan Iptek Nuklir Bersama


Jumat, 09 Maret 2018 - 16:07:21 WIB
Diposting oleh : taurina eka
Kategori: Berita STTN - Dibaca: 410 kali


(Surakarta, 5 Maret 2018). Ketua STTN (Edy Giri Rachman Putra, Ph.D), berkesempatan tampil sebagai pembicara pada Seminar Nasional Nuklir untuk Kesejahteraan Manusia dalam rangka Dies Natalis ke 42 Universitas Sebelas Maret. Seminar Nasional diselenggarakan di Aula Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam – Universitas Sebelas Maret (FMIPA UNS) Gedung C. Ketua STTN mempresentasikan materi berisi pengenalan mengenai BATAN sebagai lembaga penelitian yang fokus pada pemanfaatan iptek nuklir, aplikasi iptek nuklir pada bidang non energi serta pemaparan mengenai fasilitas STTN yang terbuka bagi siapapun yang tertarik untuk mengembangkan iptek nuklir untuk kesejahteraan.

 

Prof. Drs. Sutarno, Ph.D selaku Wakil Rektor Bidang Akademik UNS dalam sambutannya mewakili Rektor UNS menyampaikan bahwa, “dengan adanya fasilitas Iradiator milik STTN, maka kegiatan penelitian yang dilakukan civitas akademika UNS yang selama ini harus ke Pasar Jumat, dimungkinkan cukup untuk dilaksanakan di STTN BATAN Yogyakarta. Hal ini tentu akan sangat mempermudah,” demikian ungkapnya.

 

Seminar juga menghadirkan Prof. Jazi Eko Istiyanto, Ph.D (Kepala BAPETEN). Presentasi materi dilanjutkan dengan diskusi yang disambut hangat oleh para peserta yang terdiri dari mahasiswa maupun kalangan akademisi dari Perguruan Tinggi di luar UNS. Salah satunya dari Fakultas Pertanian Universitas Tunas Pembangunan yang menanyakan cara untuk bisa bekerja sama dengan STTN.

 

Pada kegiatan ini juga dilaksanakan penandatanganan perjanjian kerja sama tentang pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi dalam pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Nuklir antara STTN BATAN dengan FMIPA UNS. Penandatanganan naskah kerjasama dilakukan oleh Ketua STTN (Edy Giri Rachman Putra, Ph.D) dengan Dekan FMIPA UNS (Prof. Ir. Ari Handono Ramelan, M.Sc (Hons), Ph.D). Dalam rangka menajamkan diskusi pada seminar serta memperoleh informasi yang memungkinkan untuk dapat ditindaklanjuti, setelah istirahat dilaksanakan sharing session yang dihadiri oleh para Dosen baik dari FMIPA UNS maupun dari STTN. Dan diperoleh titik temu baik berupa rencana penelitian bersama maupun kegiatan lain yang mendukung pengembangan iptek nuklir pada kedua institusi pendidikan ini. (rtm)

 



Berita Terkait:

0 Komentar :


Isi Komentar:
  • Nama :
  • Website :
  • Komentar :
  • (Masukkan 6 kode diatas)
  • Badan Pengawas Tenaga Nuklir
  • JURNAL FORUM NUKLIR
  • BATAN
Top
  • Follows us our servcies