Belajar Nuklir, Mahasiswa Universitas Lambung Mangkurat berkunjung ke STTN


Rabu, 11 April 2018 - 19:47:55 WIB
Diposting oleh : taurina eka
Kategori: Berita STTN - Dibaca: 995 kali


(Yogyakarta, 11/4/18). Mendapatkan informasi / wawasan pengetahuan, dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya dengan melaksanakan kegiatan kunjungan. Mendasarkan hal tersebut, hari Selasa, 10 April 2018, sejumlah 68 mahasiswa dan 4 dosen pendamping dari Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin melaksanakan kunjungan ke Sekolah Tinggi Teknologi Nuklir – Badan Tenaga Nuklir Nasional (STTN – BATAN). Selain untuk mendapatkan informasi tentang pemanfaatan tenaga nuklir, kunjungan ini juga bertujuan untuk mempelajari secara langsung berbagai alat/produk/terapan/pemanfaatan tenaga nuklir khususnya yang berkenaan dengan fisika.

 

Dalam sambutannya, Suprapto, ST selaku Kepala Bagian Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan (BAAK) STTN menyampaikan bahwa STTN dengan Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Lambung Mangkurat ibarat saudara kembar, yaitu sama-sama mempelajari ilmu yang terkait dengan energi tinggi. “Harapan kami setelah dilaksanakannya kunjungan ini, dapat memberikan tambahan pengetahuan khususnya terkait pemanfaatan energi nuklir,” ungkap beliau. Lebih lanjutSuprapto menjelaskan bahwa Indonesia telah menyepakati tidak akan menggunakan energi nuklir untuk tujuan yang membahayakan. Energi nuklir dikembangkan untuk meningkatkan kesejahteraan manusia seperti dalam bidang pertanian, kesehatan, dan juga industri. Selain itu, beliau juga mempersilakan jika ke depannya dirasa perlu dilakukannya kerja sama, STTN secara terbuka akan menyambutnya.

 

Sementara Misbah, M. Pd selaku wakil dari Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih atas kesempatan dan diizinkannya mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin melaksanakan kunjungan ke STTN. “Terima kasih atas kesempatan yang telah diberikan kepada kami untuk secara langsung mengetahui tentang penerapan teknologi nuklir,” ujar beliau.

 

Kunjungan kali ini, peserta mendapatkan penjelasan tentang aplikasi iptek nuklir yang disampaikan oleh Ir. M. Khoiri, M. Eng, dilanjutkan dengan melaksanakan kunjungan ke beberapa laboratorium di STTN, yaitu Laboratorium Radiografi, fasilitas Iradiator, fasilitas Distributed Control System (DCS) serta Laboratorium Instrumentasi Nuklir. Antusias peserta kunjungan untuk mengetahui ilmu nuklir sangat besar, hal ini terlihat saat peserta dengan aktif bertanya tentang energi nuklir, manfaat serta aplikasinya, baik saat disampaikan pemaparan materi maupun saat melaksanakan kunjungan ke laboratorium.(tek)

 

 



Berita Terkait:

0 Komentar :


Isi Komentar:
  • Nama :
  • Website :
  • Komentar :
  • (Masukkan 6 kode diatas)
  • Badan Pengawas Tenaga Nuklir
  • JURNAL FORUM NUKLIR
  • BATAN
  • SDMIN 2018
Top
  • Follows us our servcies