Tingkatkan Wawasan, Mahasiswa STTN Melaksanakan Studi Ekskursi


Rabu, 09 Mei 2018 - 16:05:51 WIB
Diposting oleh : taurina eka
Kategori: Berita STTN - Dibaca: 248 kali


(Yogyakarta, 9/5/18). Studi Ekskursi merupakan kegiatan tahunan Sekolah Tinggi Teknologi Nuklir – Badan Tenaga Nuklir Nasional (STTN-BATAN) dan wajib diikuti oleh mahasiswa semester enam sebagai syarat kelulusan. Studi Ekskursi bertujuan untuk mengenalkan kepada mahasiswa tentang fasilitas nuklir yang terdapat di BATAN, serta menambah wawasan dan pengetahuan mahasiswa terkait  perkembangan teknologi nuklir dan pemanfaatannya di dunia industri.

 

Kegiatan dilaksanakan selama empat hari, dari tanggal 24 - 27 April 2018,  diikuti oleh 105 mahasiswa dari 3 program studi dengan 3 dosen pendamping dan 1 perwakilan dari bagian Kemahasiswaan dengan agenda mengunjungi 3 perusahaan dan beberapa unit kerja di BATAN Serpong.

 

Kunjungan pertama dilaksanakan di PT. Graha Cemerlang Paper Utama untuk jurusan Teknokimia Nuklir, dan PT. Pupuk Kujang untuk jurusan Tekofisika Nuklir yang terdiri dari program studi Elektro Mekanika dan Elektronika Instrumentasi. PT. Graha Cemerlang Paper Utama merupakan perusahaan yang bergerak di bidang pembuatan tisu dan merupakan anak perusahaan dari Kompas Gramedia. Sedangkan untuk PT. Pupuk Kujang merupakan perusahaan pembuatan pupuk di Indonesia.

 

Kunjungan selanjutnya dilaksanakan di PT. Rel-ion Sterilization Services bagi seluruh mahasiswa. Perusahaan tersebut merupakan perusahaan pertama dan satu-satunya di Indonesia yang memiliki fasilitas Iradiator gamma yang digunakan untuk kepentingan komersil. Perusahaan ini melayani jasa sterilisasi dan layanan higienis dengan menggunakan Iradiator gamma.

 

Pada hari ketiga, peserta studi ekskursi melaksanakan kunjungan ke kawasan BATAN Serpong. Program studi Elektro Mekanika mengunjungu Pusat Rekayasa Fasilitas Nuklir (PRFN) dan Pusat Teknologi Bahan Bakar Nuklir (PTBBN), Program studi Elektronika Instrumentasi mengunjungi Pusat Reaktor Serbaguna Serpong (PRSG) dan Pusat Rekayasa Fasilitas Nuklir (PRFN), sedangkan program studi Teknokimia Nuklir mengunjungi Pusat Sains dan Teknologi Bahan Maju (PSTBM) dan Pusat Teknologi Limbah Radioaktif (PTLR).

 

Kunjungan ke kawasan BATAN Serpong bertepatan dengan pelaksanaan kegiatan simulasi kedaruratan non-nuklir, sehingga peserta studi ekskursi turut dilibatkan dalam kegiatan tersebut. (heka)

 

 

 



Berita Terkait:

0 Komentar :


Isi Komentar:
  • Nama :
  • Website :
  • Komentar :
  • (Masukkan 6 kode diatas)
  • Badan Pengawas Tenaga Nuklir
  • JURNAL FORUM NUKLIR
  • BATAN
  • SDMIN 2018
Top
  • Follows us our servcies