Pembukaan OPTK 2018 berlangsung Meriah


Minggu, 13 Mei 2018 - 08:32:29 WIB
Diposting oleh : taurina eka
Kategori: Berita STTN - Dibaca: 455 kali


(Yogyakarta, 12/5/18). Sekolah Tinggi Teknologi Nuklir – Badan Tenaga Nuklir Nasional (STTN-BATAN) berkesempatan menjadi tuan rumah penyelenggaraan Olimpiade Perguruan Tinggi Kedinasan (OPTK) 2018 yang ke-10. Dengan mengusung tema “Birukan arena, jadilah juara”, kegiatan yang dilaksanakan selama 3 hari dimulai dari tanggal 11 – 13 Mei 2018 tersebut menyelenggarakan 20 cabang pertandingan dan perlombaan yang diikuti 1900 peserta dari 23 perguruan tinggi kedinasan di Indonesia. Dalam penyelenggaraan OPTK kali ini, STTN bekerja sama dengan Akademi Angkatan Udara (AAU) sebagai mitra tempat penyelenggaraan selain di STTN.

 

Ketua Dewan Pimpinan Pusat Forum Mahasiswa Kedinasan Indonesia (FMKI), Rosi Pamula Anggriawan, dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada STTN selaku panitia penyelenggara kegiatan OPTK 2018 yang telah berusaha maksimal untuk mensukseskan kegiatan OPTK. “FMKI menyambut baik penyelenggaraan OPTK tahun ini untuk menyambung tali silaturahmi serta menguji kompetensi kita dalam bidang olah raga maupun akademik. Saya harapkan selama kegiatan, kita tetap menjunjung tinggi sportivitas dan kebersamaan, sehingga kegiatan berjalan lancar,” tuturnya. Dijelaskan lebih lanjut oleh Rosi, OPTK merupakan agenda rutin dari FMKI. Tuan rumah dipilih berdasarkan keputusan Rakernas dari kepengurusan sebelumnya. Setelah pada tahun 2017 penyelenggaraan di Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) Jakarta, pada tahun 2018 di Yogyakarta dan tahun depan direncanakan di Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian (STPP) Bogor.

 

Ketua STTN, Edy Giri Rachman Putra, Ph.D juga menyampaikan rasa bangga dan syukurnya atas terselenggaranya OPTK di STTN. “Tekad untuk menyelenggarakan OPTK ini telah dicanangkan 2 tahun yang lalu kepada mahasiswa kami, agar suatu saat STTN bisa menyelenggarakan OPTK. Terima kasih atas kepercayaan dan dukungan dari Perguruan Tinggi Kedinasan lainnya kepada STTN untuk menjadi tuan rumah penyelenggaraan tahun 2018 ini,”  jelasnya.

 

Lebih lanjut Edy Giri menyampaikan bahwa dalam penyelenggaraan OPTK ini memperebutkan 105 emas, 105 perak dan 137 perunggu dari 20 cabang pertandingan. Bersainglah dengan cara bermartabat, sportif serta juga saling “sharing” untuk berbagi ilmu, pengetahuan dan pengalaman menjadi poin penting dalam penyelenggaraan OPTK 2018 ini. “Melalui mahasiswa peserta OPTK, kami yakin secara perlanan kami bisa membumikan nuklir untuk bangsa ini dengan menjalin tali silaturahmi antar perguruan tinggi, mengembangkan potensi dan sportivitas serta membangun solidaritas generasi muda yang kelak akan menjadi pucuk-pucuk pimpinan di negeri ini,” terangnya lebih lanjut.

 

Sementara itu, Direktur Pendidikan Akademi Angkatan Udara (AAU), Kolonel Penerbang Arief Widianto, S. Ab, M. Tr (han) mewakili Gubernur AAU menyampaikan ucapan terima kasih atas kepercayaan STTN menggandeng AAU sebagai mitra tempat penyelenggaraan OPTK 2018. AAU berharap fasilitas yang ada dapat memberikan dukungan yang optimal dalam melaksanakan OPTK 2018 ini. Beliau juga berharap kepada seluruh peserta, agar menaati semua aturan yang berlaku di AAU; menegakkan disiplin, baik diri maupun lembaga; menjaga kebersihan lingkungan; menghormati tempat pelaksanaan kegiatan serta menjunjung tinggi sportivitas. “Jangan pernah menggadaikan harga diri yang jauh dari sifat satria, jadilah insan olahraga yang jujur, berkarakater dan mampu jadi tauladan bagi sesama,”  tutupnya.

 

Pembukaan OPTK 2018 yang diselenggarakan di Stadion Sasana Krida AAU pada Senin malam (11/5) tersebut ditandai dengan proses penyalaan obor oleh Ketua STTN didampingi Ketua FMKI serta Direktur Pendidikan AAU. Dalam kegiatan tersebut, hadir beberapa pejabat tinggi sekolah kedinasan, seperti ketua/direktur dari Sekolah Tinggi Pertanahan Negara (STPN) Yogyakarta, Sekolah Tinggi Kesejahteraan Sosial (STKS) Bandung, Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN), Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (STMKG) Jakarta, Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia (STPI) Curug serta perwakilan Akademi Perkeretaapian Indonesia (API) Madiun. Parade kontingen serta penampilan tari baik dari mahasiswa STTN maupun lainnya, termasuk juga tari tradisional oleh masyarakat dusun Paten, Magelang yang merupakan desa binaan STTN turut memeriahkan malam pembukaan OPTK. (tek)

 

 



Berita Terkait:

0 Komentar :


Isi Komentar:
  • Nama :
  • Website :
  • Komentar :
  • (Masukkan 6 kode diatas)
  • Badan Pengawas Tenaga Nuklir
  • JURNAL FORUM NUKLIR
  • BATAN
  • SDMIN 2018
Top
  • Follows us our servcies