“NEXTRON” STTN Kembali Berlaga di Panggung Nasional


Minggu, 15 Juli 2018 - 14:07:17 WIB
Diposting oleh : taurina eka
Kategori: Berita STTN - Dibaca: 697 kali


(Yogyakarta, 14/7/18). Tahun 2016 adalah tahun pertama keikutsertaan tim robotik “NEXTRON” (Next Robot Nuklir) dari Sekolah Tinggi Teknologi Nuklir – Badan Tenaga Nuklir Nasional (STTN – BATAN) dalam ajang lomba robot terbesar se-Indonesia yaitu Kontes Robot Indonesia (KRI). Dari 5 cabang lomba yang dipertandingkan saat itu, STTN mengikuti cabang lomba Kontes Robot Pemadam Api Indonesia (KRPAI) berkaki.  Juara nasional dari cabang tersebut akan menjadi wakil Indonesia dalam ajang Trinity Fire Fighting Robot Contest di Trinity Collegue Conecticut, Amerika Serikat.

 

Penampilan “NEXTRON”  pada tahun 2018 ini merupakan kesempatan kedua berlaga dalam KRI tingkat Nasional setelah di tahun pertamanya sukses menembus rangking 18 nasional KRPAI berkaki, setelah pada tahun 2017, “NEXTRON” harus berhenti di tingkat regional.

 

Pada tahap seleksi regional tahun ini, “NEXTRON” menempati rangking tujuh regional dengan berhasil menyelesaikan misi satu kali dari tiga kali kesempatan. Keikutsertaan “NEXTRON” berlaga di tingkat Nasional kali ini, memberikan semangat baru tim untuk memberikan prestasi terbaik bagi STTN-BATAN.  Dalam kontes robotik kali ini, tim robotik “NEXTRON” diwakili 3 orang mahasiswa yaitu Fajar Virdaus (Elins 2016) sebagai ketua, Rizak Saleh (Elins 2017) sebagai anggota, dan Ken Ade Wongso (Elins 2017) sebagai Mekanik, dengan pembimbing Ir. Djiwo Harsono, M. Eng selaku dosen Elektronika Instrumentasi STTN-BATAN.

 

KRI Nasional 2018 diselengarakan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), dimulai dari tanggal 10 sampai dengan 13 Juli 2018, dan bertempat di Sportorium UMY dengan total ratusan peserta dari 43 perguruan tinggi se-Indonesia. Tema penyelengaraan KRI adalah “Intelegently Think Mechanically Linked”, dengan mempertandingkan lima cabang lomba yaitu: Kontes Robot ABU Indonesia (KRAI), Kontes Robot Pemadam Api Indonesia Berkaki (KRPAI Berkaki), Kontes Robot Sepak Bola Indonesia Berkaki (KRSBI Berkaki), Kontes Robot Sepak Bola Indonesia Beroda (KRSBI Beroda), dan Kontes Robot Seni Tari Indonesia (KRSTI). Pada cabang lomba KRPAI berkaki tingkat nasional ini, diikuti 21 tim perguruan tinggi se-Indonesia yang lolos tahap seleksi masing-masing regional, salah satunya adalah STTN.

 

Lomba KRPAI berkaki diselenggarakan dalam 3 sesi, dimana sesi 1 dan 2 dilaksanakan pada tanggal 12 Juli 2018 dan sesi 3 dilaksanakan pada tanggal 13 Juli 2018. Syarat sebuah tim dapat mengikuti sesi ketiga adalah robot harus dapat melaksanakan misi utama, yaitu memadamkan api lilin minimal satu kali dari kedua sesi. Sayangnya dalam dua kesempatan di 2 sesi awal,  “NEXTRON” belum mampu untuk menuntaskan misi utama yaitu memadamkan api, sehingga tidak dapat mengikuti sesi 3. Hasil tersebut tetap mendapat apresiasi tinggi, karena dari total 111 tim perguruan tinggi se-Indonesia, STTN memperoleh peringkat ke-17 untuk KRPAI tingkat Nasional tahun 2018. Selamat untuk tim robotik STTN. Tetaplah berjuang mengharumkan STTN. (tca)

 

 



Berita Terkait:

0 Komentar :


Isi Komentar:
  • Nama :
  • Website :
  • Komentar :
  • (Masukkan 6 kode diatas)
  • Badan Pengawas Tenaga Nuklir
  • JURNAL FORUM NUKLIR
  • BATAN
  • SDMIN 2018
Top
  • Follows us our servcies