STTN sebagai Penutup Kegiatan Sosialisasi Reformasi Birokrasi di BATAN


Selasa, 07 Agustus 2018 - 05:19:49 WIB
Diposting oleh : taurina eka
Kategori: Berita STTN - Dibaca: 51 kali


(Yogyakarta, 4/8/18). Gerakan Reformasi Birokrasi (RB) telah dicanangkan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB) sejak tahun 2010, namun dinyatakan bahwa pelaksanaan program RB sejauh ini baru dipahami jajaran pimpinan lembaga saja. Mendasarkan pada hal tersebut, Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) melaksanakan sosialisasi bagi pegawai di seluruh unit kerja, dan Sekolah Tinggi Teknologi Nuklir (STTN – BATAN) menjadi unit kerja terakhir dilaksanakannya sosialisasi Reformasi Birokrasi (RB) di BATAN. Kegiatan dilaksanakan pada hari Jum’at, 3 Agustus 2018 di Auditorium STTN.

 

“Sosialisasi RB dilaksanakan dengan tujuan agar seluruh pegawai memahami serta dapat menerapkan komitmen untuk melaksanakan RB demi kepentingan  bersama,” kata Drs. Budi Santoso, M. Eng selaku Kepala Pusat Standarisasi dan Mutu Nuklir (PSMN – BATAN) mewakili pimpinan BATAN serta tim RB BATAN di awal sambutannya. Lebih lanjut Budi menyampaikan bahwa ada tiga sasaran RB yaitu birokrasi yang bersih dan akuntabel, birokrasi yang efektif dan efisien serta pelayanan publik yang berkualitas. “Inti dari RB adalah upaya untuk melakukan pembaharuan dan perubahan mendasar terhadap sistem penyelenggaraan pemerintah di bidang  kelembagaan (organisasi), tata laksana serta sumber daya manusia,” jelasnya.

 

Ir. Budi Kaliwanto, MT, salah satu anggota tim RB BATAN menjelaskan bahwa ada delapan area perubahan RB, yaitu penguatan sistem manajemen SDM, penguatan peraturan perundang-undangan, penguatan organisasi, penguatan tata laksana, manajemen perubahan, peningkatan kualitas pelayanan publik, penguatan akuntabilitas kinerja dan penguatan sistem pengawasan. Melalui delapan area perubahan tersebut diharapkan terjadi perubahan pola pikir dan budaya kerja yang mencerminkan integritas serta kinerja semakin tinggi, dengan dibuktikan melalui pelayanan prima, bersih dan bebas korupsi, etos kerja yang tinggi, kapasitas dan kinerja yang baik serta SDM yang profesional.

 

Selain materi tentang pelaksanaan RB, pada kegiatan sosialisasi ini juga disampaikan materi terkait Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) oleh Tanti Sutanto, M. Ak, dan juga materi monitoring evaluasi pelaksanaan RB oleh Drs. Budi Santoso, M. Eng. SPIP bertujuan untuk memberikan keyakinan yang memadai terhadap empat hal, yaitu tercapainya efektifitas dan efisiensi pencapaian tujuan penyelenggaraan pemerintahan negara, keandalam pelaporan keuangan, pengamanan aset negara dan ketaatan terhadap peraturan perundang-undangan. Sedangkan monitoring evaluasi bertujuan untuk mendapatkan informasi terhadap pelaksanaan Reformasi Birokrasi di unit kerja sekaligus memberikan informasi terhadap pelaksanaan Penilaian Mandiri Pelaksanaan Reformasi Birokrasi (PMPRB) BATAN.

 

Edy Giri Rachman Putra, Ph.D selaku Ketua STTN menyampaikan, bahwa STTN sebagai bagian dari BATAN merupakan unit kerja yang unik, dimana sebagai lembaga pendidikan, STTN wajib melaksanakan Tridharma Perguruan Tinggi, yaitu pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Di samping Tridharma tersebut, STTN juga harus menyelenggarakan tata kelola yang baik dan bersih untuk memberi layanan yang bermutu, serta membangun jejaring dan kemitraan dalam menunjang pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi tersebut. Selama ini, STTN telah mengimplementasikan secara bertahap RB maupun SPIP dalam pelaksanaan kegiatan pendidikan dan pembelajaran kepada mahasiswa, penelitian dosen dan mahasiswa serta pengabdian kepada masyarakat dalam rangka peningkatan mutu layanan pendidikan yang mungkin tidak sadari oleh dosen maupun tenaga kependidikan di STTN. Ke depannya, kegiatan implementasi RB dan SPIP inilah yang harus terdokumentasi dengan baik untuk memudahkan melakukan monitoring dan evaluasinya.  (tek)

 



Berita Terkait:

0 Komentar :


Isi Komentar:
  • Nama :
  • Website :
  • Komentar :
  • (Masukkan 6 kode diatas)
  • Badan Pengawas Tenaga Nuklir
  • JURNAL FORUM NUKLIR
  • BATAN
  • SDMIN 2018
Top
  • Follows us our servcies