Pengenalan Kampus STTN melalui Pekan Orientasi Terpadu


Senin, 27 Agustus 2018 - 20:05:43 WIB
Diposting oleh : taurina eka
Kategori: Berita STTN - Dibaca: 143 kali


(Yogyakarta, 27/8/18). Sejumlah sembilan puluh tujuh Mahasiswa Baru Sekolah Tinggi Teknologi Nuklir – Badan Tenaga Nuklir Nasional (STTN – BATAN) selama 4 hari mengikuti Pekan Orientasi Terpadu (POSTER). Kegiatan yang dilaksanakan sejak 23 Agustus sampai dengan 31 Agustus 2018 tersebut bertujuan untuk memberikan gambaran tentang sistem pembelajaran serta kehidupan di STTN, menambah wawasan serta menjadi wahana saling mengenal antar mahasiswa dan juga civitas akademika STTN. Selain itu, ditambahkan oleh Farhan Amrullah (ketua pelaksaaan POSTER), kegiatan juga bertujuan untuk memperkenalkan, mempersiapkan dan mengakselerasi mahasiswa baru dalam proses transisi menjadi mahasiswa yang sadar akan hak dan kewajibannya sebagai mahasiswa, sehingga dapat mendukung keberhasilan studi di STTN.

 

Ir. Dwi Priyantoro, M. Si selaku Pembantu Ketua III bidang Kemahasiswaan dan Alumni dalam upacara pembukaan POSTER menyampaikan, kegiatan POSTER adalah suatu bentuk pengenalan kegiatan akademik di kampus. “Kegiatan ini menjadi titik awal memasuki dunia kemahasiswaan. Kemahasiswaan adalah dunia di mana setiap kegiatan, perilaku yang dilakukan menjadi tanggung jawab setiap individu,” terangnya.

 

Kegiatan POSTER tahun ini dibagi menjadi 3 bagian kegiatan, yaitu Poster in Journey, Poster Day dan Day of Familiarity. Poster in Journey merupakan kegiatan mengenalkan kampus, program studi, keamanan nuklir serta pelaksanaan kunjungan ke beberapa laboratorium di STTN serta reaktor Kartini dan Mesin Berkas Elektron (MBE) di Pusat Sains dan Teknologi Akselerator (PSTA – BATAN).

 

Kegiatan selanjutnya adalah Poster Day yang dilaksanakan selama 2 hari, yaitu tanggal 24 – 25 Agustus 2018. Poster Day 1, mahasiswa baru mendapatkan materi: (1) Bela Negara dan Wawasan Kebangsaan oleh Abdul Rozak, SH, MH (Kasi DPM Sub di PPM Akademi Angkatan Udara), (2) Mengembangkan Potensi Diri dan Berprestasi di Perguruan Tinggi oleh Martaria Rizky Rinaldi, M. Psi (Fakultas Psikologi, Universitas Mercu Buana Yogyakarta) dan (3) Pemuda Harapan Bangsa Sehat tanpa Narkoba oleh AKBP Siti Alfiah, S. Psi, SH, MH (Kepala Badan Narkotika Nasional Kota Yogyakarta).

 

Poster Day 2, mahasiswa diajak terjun langsung ke masyarakat dengan melaksanakan bakti kampung di wilayah sekitar kampus yaitu dusun Kledokan, dilanjutkan dengan pengenalan tentang Sistem Informasi Akademik Terpadu (SINAU) serta melaksanakan presentasi kelompok. Hari terakhir adalah Day of Familiarity, merupakan malam penutupan POSTER yang diisi dengan inagurasi serta penampilan seni mahasiswa baru STTN.

 

Pada akhir kegiatan, Farhan menyampaikan harapannya dengan dilaksanakannya POSTER, mahasiswa baru mengerti dan memahami akan hak dan kewajibannya sebagai mahasiswa, mahasiswa baru memiliki cara pandang serta pola pikir kritis yang kuat, khasanah keilmuan yang luas dan rasa tanggung jawab yang tinggi terhadap masyarakat sebagaimana nilai yang terkandung dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi, serta mahasiswa baru dapat lebih mempersiapkan diri baik secara pengetahuan, mental dan fisik untuk memulai perkuliahan yang akan dimulai pada tanggal 3 September 2018. (tek)



Berita Terkait:

0 Komentar :


Isi Komentar:
  • Nama :
  • Website :
  • Komentar :
  • (Masukkan 6 kode diatas)
  • Badan Pengawas Tenaga Nuklir
  • JURNAL FORUM NUKLIR
  • BATAN
  • SDMIN 2018
Top
  • Follows us our servcies