Pelatihan Ultrasonic Testing Level 2 – ASNT di STTN


Rabu, 05 September 2018 - 13:40:13 WIB
Diposting oleh : taurina eka
Kategori: Berita STTN - Dibaca: 130 kali


(Yogyakarta, 3/9/18). Jurusan Teknofisika Nuklir, Program Studi Elektro Mekanika, Sekolah Tinggi Teknologi Nuklir – Badan Tenaga Nuklir Nasional (STTN – BATAN) pada tanggal 20 Agustus – 1 September 2018 mengadakan Pelatihan Ultrasonic Testing (UT) Level 2 – ASNT  yang diperuntukkan bagi mahasiswa Prodi Elektro Mekanika Semester Akhir dan juga staf dengan total sebanyak 27 peserta, dengan examiner Sujarna Pelana sebagai Level 3 – ASNT sekaligus pemberi Lisensi Level 2.

 

Kegiatan dilaksanakan dengan tujuan untuk memberi bekal mahasiswa dan staf khususnya dari program studi Elektro Mekanika, agar memiliki tambahan keterampilan serta meningkatkan kualitas lulusan yang berdaya saing tinggi serta banyak keahlian yang bersertifikasi selain Surat Izin Bekerja Petugas Proteksi Radiasi (SIB PPR).

 

Pelatihan dilaksanakan selama 10 hari, dimana minggu pertama diisi dengan materi-materi berupa Dasar-dasar Non Destructive Test khususnya Ultrasonic Testing (UT), jenis-jenis cacat, serta praktik penggunaan alat UT (mulai dari kalibrasi alat, penggunaan probe sudut dan probe normal, identifikasi cacat menurut standar ASME dan AWS). Sedangkan di minggu kedua diisi dengan Standart Operational Procedure, The American Society of Mechanical Engineering (ASME)Standard, American Welding Society (AWS) Standard, sertaAmerican Petroleum Inspection(API) Standard. 1 September 2018 adalah masa ujian untuk mendapatkan lisensi.

 

Sesi minggu pertama tersebut pemberian materi oleh dosen-dosen dari program studi Elektro Mekanika yang kompeten di bidang NDT yakni Ir. Zaenal Abidin, M. Kes, Suroso, M. Sc, Tasih Mulyono, SST, serta Praptana, A. Md. Minggu kedua diisi materi dengan oleh Sujarna Pelana, dilanjutkan dengan pelaksanaan ujian sertifikasi UT oleh Examiner Sujarna Pelana sebagai Level 3 – ASNT. Ujian UT terdiri dari General, Specific dan Practical. Hasil ujian UT Level 2 diumumkan pada tanggal 3 September 2018 oleh program studi Elektro Mekanika dengan perolehan hasil adalah dari 27 peserta yang mengikuti pelatihan, 26 dinyatakan lulus dengan hasil memuaskan. (dns)

 



Berita Terkait:

0 Komentar :


Isi Komentar:
  • Nama :
  • Website :
  • Komentar :
  • (Masukkan 6 kode diatas)
  • Badan Pengawas Tenaga Nuklir
  • JURNAL FORUM NUKLIR
  • BATAN
  • SDMIN 2018
Top
  • Follows us our servcies