Workshop Akreditasi Perguruan Tinggi dan Program Studi Vokasi Berbasis SAPTO


Jumat, 05 Oktober 2018 - 13:09:59 WIB
Diposting oleh : taurina eka
Kategori: Berita STTN - Dibaca: 2292 kali


(Yogyakarta, 5/10/18). Sebagai perguruan tinggi, Sekolah Tinggi Teknologi Nuklir – Badan Tenaga Nuklir Nasional (STTN – BATAN) berkewajiban melaksanakan tugasnya sebagai penyelenggara pendidikan, melaksanakan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang iptek nuklir. Sebagai salah satu wujud komitmen menjaga kualitas penyelenggaraan tridharma perguruan tinggi tersebut, pada tanggal 24-25 Agustus 2018 perwakilan dosen dan tim jaminan mutu STTN (Ir. Noor Anis Kundari, MT, Kartini Megasari, M. Eng, Dr. Muhtadan, M.Eng, Dr. Deni Swantomo, M. Eng dan Fifi Nurfiana, M.Si) mengikuti workshop akreditasi perguruan tinggi dan program studi vokasi berbasis SAPTO (Sistem Akreditasi Perguruan Tinggi Online). Workshop diselenggarakan oleh Forum Pendidikan Tinggi Vokasi Indonesia (FPTVI) dan bertempat di Hotel Ibis Trans Studio Bandung.

 

Akreditasi merupakan salah satu sistem penjaminan mutu eksternal dan bentuk akuntabilitas kepada publik secara obyektif, adil, transparan, dan komprehensif yang dilakukan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Sejak tahun 2007 sampai re-akreditasi tahun 2017, ketiga program studi STTN mendapatkan nilai B. Pada tahun 2018 ini STTN akan melaksanakan akreditasi institusi perguruan tinggi (AIPT).

 

Pada kegiatan workshop tersebut, disampaikan perkembangan terkini akreditasi perguruan tinggi dan program studi vokasi di Indonesia yang dilanjutkan dengan regulasi dan standar dokumen akreditasi BAN-PT. Kedua materi tersebut disampaikan oleh oleh Prof. Dr. Ir. SM. Widyastuti, M. Sc. (Anggota Dewan Eksekutif BAN-PT). Secara umum terdapat perubahan format dan dokumen akreditasi BAN-PT dari yang semula 7 (tujuh) standar menjadi 9 (sembilan) standar.

 

Materi workshop selanjutnya adalah tentang optimalisasi pengisian dokumen akreditasi (borang dan evaluasi diri) dengan format sembilan standar tersebut oleh Dr. Maman Abdurrahman, ST, MT (Asessor BAN - PT dan Tim Akreditasi Universitas Telkom). Sembilan standar yang dimaksud adalah Visi, Misi, Tujuan, dan Strategi; Tata Pamong, Tata kelola, dan kerjasama; Mahasiswa; Sumber Daya Manusia; Keuangan, Sarana, dan Prasarana; Pendidikan; Penelitian; Pengabdian Kepada Masyarakat; Luaran dan Capaian Tridharma.

 

Dengan telah diikutinya workshop ini, semoga STTN dapat menjaga mutu dan meningkatkan kualitas penyelenggaraan tridharma perguruan tinggi secara terus-menerus untuk kemajuan iptek nuklir Indonesia. (fn)



Berita Terkait:

0 Komentar :


Isi Komentar:
  • Nama :
  • Website :
  • Komentar :
  • (Masukkan 6 kode diatas)
  • Badan Pengawas Tenaga Nuklir
  • JURNAL FORUM NUKLIR
  • BATAN
  • Tracer Alumni
Top
  • Follows us our servcies