Siswa SMA ABBS Belajar Nuklir di STTN


Jumat, 19 Oktober 2018 - 13:55:17 WIB
Diposting oleh : taurina eka
Kategori: Berita STTN - Dibaca: 623 kali


(Yogyakarta, 17/10/18). “Apa yang adik-adik bayangkan tentang nuklir dan radiasi?” tanya Fifi Nurfiana, M. Si kepada sekitar 120 siswa dari SMA Al-Abidin Bilingual Boarding School (ABBS), Surakarta yang pada hari Selasa, 16 Oktober 2018 melaksanakan kunjungan ke Sekolah Tinggi Teknologi Nuklir – Badan Tenaga Nuklir Nasional (STTN – BATAN).  Menjawab pertanyaan tersebut, sebagian besar siswa menjawab bahwa nuklir dan radiasi identik dengan bom dan bahaya, seperti peristiwa bom atom Hiroshima dan Nagasaki.

 

Banyak orang beranggapan bahwa nuklir dan radiasi adalah sesuatu yang berbahaya, mengerikan dan  harus dihindari. Padahal dalam kehidupan, kita sering berinteraksi dengan yang namanya radiasi. “Nuklir dan radiasi memang memilki resiko, tetapi juga memiliki banyak manfaat, bahkan manfaat radiasi yang kita terima setiap hari berasal dari alam. Kita hidup bersama radiasi,” jelasnya. Lebih lanjut Fifi menjelaskan bahwa dalam kehidupan kita tidak bisa menghindari radiasi. Dalam kesempatan tersebut, Fifi juga menyampaikan pemanfaatan aplikasi iptek nuklir di Indonesia.

 

Selain pemaparan aplikasi iptek nuklir di Indonesia, peserta kunjungan juga mendapatkan penjelasan tentang profil STTN oleh Ir. Dwi Priyantoro, M. Si selaku Pembantu Ketua III STTN bidang Kemahasiswaan yang dilanjutkan dengan kunjungan ke laboratorium Distributed Control System (DCS), laboratorium Instrumentasi Nuklir, laboratorium Radiografi dan Laboratorium Iradiator.

 

Colis Dyah Marganingrum, S. Pd selaku wakil dari SMA ABBS, Surakarta menyampaikan ucapan terima kasih atas kesempatan yang telah diberikan STTN kepada siswa siswa peserta didiknya. “Terima kasih atas kesempatan yang di berikan kepada kami. Semoga dengan dilaksanakannya kunjungan ini, pengetahuan kami tentang STTN dan juga aplikasi iptek nuklir semakin terbuka,” ujarnya.  Kunjungan dimaksudkan menambah wawasan terkait dengan studi lanjut ke Perguruan Tinggi khususnya STTN dan juga ilmu ketenaga nukliran. Kunjungan di akhiri dengan foto bersama di depan kampus STTN. (tek)

 

 



Berita Terkait:

0 Komentar :


Isi Komentar:
  • Nama :
  • Website :
  • Komentar :
  • (Masukkan 6 kode diatas)
  • Badan Pengawas Tenaga Nuklir
  • JURNAL FORUM NUKLIR
  • BATAN
  • Tracer Alumni
Top
  • Follows us our servcies