STTN Siap Mengembangkan SDM Instrumentasi (Nuklir) Medik


Selasa, 06 November 2018 - 16:17:27 WIB
Diposting oleh : taurina eka
Kategori: Berita STTN - Dibaca: 100 kali


(Yogyakarta, 6/11/18). Program Studi Elektronika Instrumentasi, Jurusan Teknofisika Nuklir, Sekolah Tinggi Teknologi Nuklir – Badan Tenaga Nuklir Nasional (STTN – BATAN) mulai tahun ajaran 2018/2019 membuka peminatan studi instrumentasi medik. Sebanyak 9 mahasiswa sebagai angkatan pertama dengan minat studi Instrumentasi Medik melakukan Praktikum Instrumentasi Medik dan Praktikum Teknik Pencitraan Medik di Pusat Teknologi Keselamatan dan Metrologi Radiasi (PTKMR – BATAN), Pasar Jumat dan Pusat Rekayasa Fasilitas Nuklir (PRFN – BATAN), Serpong. Kegiatan dilaksanakan pada tanggal 23 sampai dengan 26 Oktober 2018.

 

Pada tanggal 23 Oktober 2018 mahasiswa melaksanakan praktikum di PTKMR BATAN, Pasar Jumat. Pada kunjungan kali ini, mahasiswa dikenalkan berbagai kegiatan yang ada di PTKMR khususnya yang berkaitan dengan instrumentasi medis. Pengenalan dan pelaksanaan praktikum di PTKMR, ditekankan pada aplikasi instrumentasi medik berbasis radiasi pengion (instrumentasi nuklir medik), yang meliputi antara lain: kamera gamma, uji kesesuaian pesawat sinar x, dose callibrator, dan kalibrasi alat ukur radiasi.

 

Praktikum di PRFN – BATAN, Serpong dilaksanakan pada tanggal 24 – 26 Oktober 2018. Praktikum di PRFN lebih ditekankan pada rancang bangun instrumentasi nuklir medik, antara lain: perangkat radiografi umum, perangkat mammografi, brakiterapy, renograf, thyroid up take, RIA, dan dose calibrator. Hal ini dilakukan disamping karena SDM maupun peralatan yang ada di STTN belum lengkap, juga karena PRFN dan PTKMR adalah unit kerja di BATAN dengan keunggulan SDM dan laboratorium maupun peralatan serta pengalaman yang lama dan luas dalam litbangyasa dan aplikasi instrumentasi nuklir medik. Pada hari terakhir pelaksanaan, mahasiswa melakukan praktikum renograf dan dilanjutkan dengan pesentasi hasil praktikum selama di PRFN – BATAN.

 

STTN terus berupaya berkomitmen untuk mengembangkan SDM maupun laboratorium instrumentasi (nuklir) medik. Dengan program seperti ini diharapkan minat studi Instrumentasi Medik, STTN menjadi penghasil SDM unggul secara nasional di bidang instrumentasi medik khususnya yang berbasis raadiasi pengion yaitu instrumentasi nuklir medik. (mk/ra)



Berita Terkait:

0 Komentar :


Isi Komentar:
  • Nama :
  • Website :
  • Komentar :
  • (Masukkan 6 kode diatas)
  • Badan Pengawas Tenaga Nuklir
  • JURNAL FORUM NUKLIR
  • BATAN
  • SDMIN 2018
Top
  • Follows us our servcies