STTN Berpartisipasi pada Career Day Smada Expo


Selasa, 18 Desember 2018 - 08:28:29 WIB
Diposting oleh : taurina eka
Kategori: Berita STTN - Dibaca: 81 kali


(Yogyakarta, 17/12/18). Pemilihan Perguruan Tinggi yang tepat bagi siswa SLTA menjadi pijakan awal dalam penentuan karir di masa depan. Kebutuhan informasi sangat mendukung langkah siswa tersebut dalam penentuan pemilihan Perguruan Tinggi serta Jurusan. Hal tersebut yang mendasari serta mendorong SMA N 2 Wates sebagai lembaga pendidikan formal yang mempunyai visi dan misi diantaranya bahwa lulusan bisa unggul dalam prestasi akademik dan non akademik, serta mampu melanjutkan ke jenjang Pendidikan Tinggi melaksanakan kegiatan “Career Day Smada Expo”. Tujuan kegiatan adalah memberikan wawasan serta memfasilitasi siswa mendapatkan informasi sejelas mungkin tentang profil, jurusan serta peluang kerja Perguruan Tinggi.

 

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari Jum’at, 14 Desember 2018 di SMA N 2 Wates tersebut diikuti oleh siswa SMA N 2 Wates dari kelas X, XI, dan XII serta beberapa siswa sekolah lain di sekitar Kabupaten Kulon Progo. Menghadirkan sekitar 30 Perguruan Tinggi baik Negeri maupun Swasta, kegiatan tersebut berlangsung dengan sukses.

 

Antusias siswa untuk berkunjung ke stan Sekolah Tinggi Teknologi Nuklir – Badan Tenaga Nuklir Nasional (STTN – BATAN) sangat besar. Rasa ingin tahu serta penasaran dengan sekolah kedinasan nuklir, menjadikan stand STTN ramai dikunjungi siswa. Beberapa pengunjung masih merasa asing dengan aplikasi iptek nuklir, kebanyakan mereka beranggapan bahwa nuklir hanyalah seputar Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN). Namun, dengan penjelasan serta contoh nyata siswa mulai memahami manfaat dari aplikasi iptek nuklir bagi kesejahteraan manusia.

 

Selain terkait dengan manfaat nuklir, pengunjung juga bertanya tentang peluang kerja dari lulusan STTN. “Mahasiswa STTN sebelum lulus, mendapatkan fasilitas untuk mendapatkan Surat Izin Bekerja sebagai Petugas Proteksi Radiasi (SIB PPR) Industri tingkat 1,” jelas Rita Tyas M, MH selaku petugas dari STTN. Lebih lanjut, Rita menjelaskan bahwa SIB tersebut merupakan sebuah surat izin yang diberikan oleh Badan Pengawas Teknologi Nuklir (BAPETEN) kepada seseorang yang telah melalui serangkaian ujian, hingga seseorang tersebut dinyatakan mampu melaksanakan pekerjaan yang berhubungan dengan Proteksi Radiasi. “Dengan memiliki SIB PPR Industri tingkat 1 tersebut, sebagian besar lulusan STTN bekerja di Industri, bahkan bisa dikatakan lebih dari 50% lulusan STTN bekerja di Industri,” terang Rita. Selain bekerja di Industri menggunakan SIB PPR, lulusan STTN juga bekerja sebagai PNS / karyawan, BUMN, wirausaha serta dapat juga langsung melanjutkan kuliah S2. (tek)

 

 



Berita Terkait:

0 Komentar :


Isi Komentar:
  • Nama :
  • Website :
  • Komentar :
  • (Masukkan 6 kode diatas)
  • Badan Pengawas Tenaga Nuklir
  • JURNAL FORUM NUKLIR
  • BATAN
  • Tracer Alumni
Top
  • Follows us our servcies