Jurusan TKN Laksanakan Workshop Pengembangan Mata Kuliah Perancangan Instalasi Proses


Senin, 31 Desember 2018 - 15:52:56 WIB
Diposting oleh : taurina eka
Kategori: Berita STTN - Dibaca: 124 kali


(Yogyakarta, 28/12/18) Saat ini kebutuhan dunia terhadap industri terus meningkat. Adanya isu industrialisasi yang bersih dengan memanfaatkan radiasi membuat tantangan bagi lulusan Sekolah Tinggi Teknologi Nuklir – Badan Tenaga Nuklir Nasional (STTN – BATAN).  Jurusan Teknokimia Nuklir (TKN) berupaya untuk terus memperluas cakupan bidang dengan berupaya mengembangkan kurikulum sesuai dengan tupoksinya yaitu menyiapkan SDM Teknologi Nuklir. Oleh karena itu, dimulai pada tahun 2016, Jurusan TKN dalam proses pembelajarannya melaksanakan kurikulum  2016, dimana terdapat mata kuliah tugas perancangan instalasi proses dengan beban 3 SKS. Matakuliah tersebut merupakan salah satu dari tugas mandiri mahasiswa sebagai prasyarat mendapatkan gelar Sarjana Sains Terapan. Tugas perancangan instalasi proses diselenggarakan sebagai sarana pembelajaran bagi mahasiswa untuk melaksanakan pekerjaannya sebagai sarjana terapan bidang keteknik kimiaan saat nantinya bekerja pada sebuah pabrik.

 

Sebagai pengembangan mata kuliah perancangan instalasi proses tersebut, pada hari Jum’at, 28 Desember 2018 jurusan TKN melaksanakan workshop pengembangan kurikulum dengan nara sumber Prof. Dr. Ir. Wahyudi Budi Sediawan, pakar dalam perancangan dari Departemen Teknik Kimia, Universitas Gadjah Mada (UGM). Workshop tersebut diikuti sekitar 15 peserta, yang terdiri dari dosen-dosen TKN dan perwakilan dari satuan kerja Pusat Sains dan Teknologi Akselerator (PSTA). Kartini Megasari, M. Eng selaku Ketua Jurusan TKN dalam sambutannya menyampaikan bahwa workshop dilaksanakan dengan tujuan untuk memperoleh masukan serta pengetahuan guna melengkapi dokumen pembelajaran  matakuliah perancangan instalasi proses. Dengan tersedianya dokumen pembelajaran matakuliah tersebut, diharapkan proses pembelajaran dapat berjalan efektif, mudah dalam mengevaluasi serta sesuai dengan kompetensi lulusan TKN yang ingin dicapai. 

 

Kegiatan ini diawali dengan penjelasan dari nara sumber tentang pentingnya perancangan instalasi proses bagi mahasiswa TKN, prinsip-prinsip dan tahapan dalam perancangan desain. Prof. Dr. Ir. Wahyudi Budi Sediawan juga menekankan bahwa poin penting dari sebuah perancangan adalah studi kelayakan (feasibility study) dan pengambilan keputusan dari hasil perhitungan dan pertimbangan-pertimbangan lain. Narasumber juga memberikan contoh-contoh pengambilan keputusan dalam perancangan sehingga lebih mudah dipahami oleh para peserta. Peserta mengikuti workshop dengan antusias, hal ini ditunjukkan dengan adanya diskusi dan tanya jawab, sehingga acara ini berlangsung dengan lebih hidup. 

 

Terselenggaranya workshop pengembangan kurikulum ini, diharapkan dapat membantu STTN, khususnya jurusan TKN untuk mempersiapkan kompetensi mahasiswa saat bekerja pada suatu pabrik. Harapannya, lulusan program studi Teknokimia Nuklir telah memiliki wawasan dan pengalaman yang memadai terkait perancangan instalasi proses kimia sehingga dapat merancang suatu proses kimia, dan memberikan masukan terkait perbaikan atau inovasi dari proses kimia yang telah ada. (ha)

 



Berita Terkait:

0 Komentar :


Isi Komentar:
  • Nama :
  • Website :
  • Komentar :
  • (Masukkan 6 kode diatas)
  • Badan Pengawas Tenaga Nuklir
  • JURNAL FORUM NUKLIR
  • BATAN
  • Tracer Alumni
Top
  • Follows us our servcies