Kunjungan Industri Program Studi D-IV Teknokimia Nuklir ke Kawasan Industri Jawa Timur


Senin, 04 Februari 2019 - 11:05:34 WIB
Diposting oleh : taurina eka
Kategori: Berita STTN - Dibaca: 643 kali


(Yogyakarta, 4/2/19). Himpunan Mahasiswa (HIMA) Teknokimia Nuklir, Program Studi Teknokimia Nuklir, Sekolah Tinggi Teknologi Nuklir – Badan Tenaga Nuklir Nasional (STTN-BATAN) melaksanakan kunjungan industri ke wilayah Jawa Timur selama 3 hari, dimulai dari 21 – 23 Januari 2019. Kunjungan Industri merupakan salah satu program kerja tahunan dari HIMA Teknokimia Nuklir. Wilayah Jawa Timur dipilih karena memiliki kawasan industri yang cukup banyak seperti di Tuban, Gresik, dan Sidoarjo.

 

Kunjungan dilaksanakan dengan berbagai tujuan yaitu PT. Semen Indonesia (Persero) Tbk, PT. Petrokimia Gresik, dan PT. Aneka Gas Industri Tbk dan dilanjutkan dengan kunjungan wisata di Pulau Bali. Fifi Nurfiana, M.Si (Dosen Teknokimia Nuklir) saat pemberangkatan pada Senin, 21 Januari 2019  mengungkapkan bahwa dengan adanya kunjungan tersebut diharapkan mahasiswa dapat mengetahui lebih jauh mengenai alat-alat industri khususnya industri kimia dan dapat mengetahui implementasi ilmu yang didapat selama perkuliahan di dunia industri.

 

Kunjungan pertama pada Selasa, 22 Januari 2018 di laksanakan di PT. Semen Indonesia (Persero) Tbk Pabrik Tuban. Arif Zainuddin (Ka. Humas) memaparkan mengenai proses industri semen mulai dari penyiapan bahan baku, penggilingan, pembakaran, penggilingan akhir, dan sampai dengan pengemasan. Sesi diskusi/tanya jawab yang diadakan membuat mahasiswa dapat mengenal lebih dalam mengenai industri semen. Selain itu, mahasiswa juga diajak berkeliling di kawasan pabrik menggunakan bus sampai dari kawasan produksi sampai kawasan tambang.

 

Kunjungan kedua pada Rabu, 23 Januari 2018 dilakukan di PT. Petrokimia Gresik dan PT. Aneka Gas Industri Tbk. Nur Hadi (Ka. Humas) menyampaikan secara rinci mulai dari sejarah PT. Petrokimia Gresik dan PT. Pupuk Indonesia Holding Company sampai dengan produk-produknya. Pemaparan bagian proses disampaikan oleh karyawan bagian produksi yang menjelaskan dari gas alam sebagai bahan baku sampai diperoleh produk jadi seperti Phonska yang merupakan produk unggulan PT. Petrokimia Gresik.

 

Sementara di PT. Aneka Gas Industri Tbk, pemaparan disampaikan oleh Riawan (HRD), Warnadi (K3), dan karyawan produksi. Mahasiswa mendapat penjelasan mengenai proses produksi/separasi gas oksigen, nitrogen, dan argon dari udara bebas. Proses yang dilakukan antara lain filtering and compressing, removing not use element, heat exchanger and cryogenic distillation, serta product purification.

 

Setelah melakukan kunjungan industri mahasiswa juga melakukan kunjungan wisata di Pulau Bali pada 24-25 Januari 2018. Destinasi wisata yang dikunjungi antara lain Tanah Lot, Uluwatu, pantai Pandawa, pantai Kuta, Putra Barong, dan Bali Zoo. Diharapkan dengan adanya wisata yaitu untuk refreshing mahasiswa setelah melaksanakan ujian akhir semester. Kegiatan kunjungan industri kali ini juga dilaksanakan lomba fotografi yang dimenangkan oleh Henry Arka. (swa)

 

 



Berita Terkait:

0 Komentar :


Isi Komentar:
  • Nama :
  • Website :
  • Komentar :
  • (Masukkan 6 kode diatas)
  • Badan Pengawas Tenaga Nuklir
  • JURNAL FORUM NUKLIR
  • BATAN
  • Tracer Alumni
Top
  • Follows us our servcies