Pengenalan Perguruan Tinggi, Siswa SMA Assalaam Sukoharjo Berkunjung ke STTN - BATAN


Kamis, 21 Februari 2019 - 15:56:54 WIB
Diposting oleh : taurina eka
Kategori: Berita STTN - Dibaca: 2219 kali


(Yogyakarta, 21/2/19). Pengenalan tentang perguruan tinggi kepada siswa, saat ini sudah banyak dilakukan oleh sekolah menengah dengan melakukan kunjungan langsung ke perguruan tinggi. Melihat, mendengarkan penjelasan serta mengamati secara langsung, akan memudahkan siswa dalam menentukan pilihan dalam melanjutkan studinya. Studi kampus adalah salah satu sarana yang menjadi program sekolah guna mengenalkan dan menambah wawasan siswa tentang perguruan tinggi.

 

Hal tersebut mendasari bagi SMA Assalaam, Sukoharjo melaksanakan kunjungan ke Sekolah Tinggi Teknologi Nuklir – Badan Tenaga Nuklir Nasional (STTN – BATAN). Kunjungan dibagi menjadi dua rombongan, yaitu rombongan siswa kelas XI putra yang dilaksanakan pada hari rabu, 13 Februari 2019 dan rombongan siswa kelas XI putri yang dilaksanakan pada hari Selasa, 19 Februari 2019.

 

Rombongan siswa putra yang berjumlah 36 siswa tersebut didampingi oleh Drs. Susilo Hadi Kartiko serta 2 guru lainnya. Disampaikan oleh Susilo, tujuan kunjungan adalah memberikan wawasan serta pengetahuan kepada siswa, agar kelak jika ingin melanjutkan ke perguruan tinggi sudah memiliki gambaran secara langsung. Bertempat di salah satu ruang rapat STTN, siswa diberikan materi tentang profil STTN dan PMB oleh Suprapto, ST selaku Kepala Bagian Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan STTN, dilanjutkan dengan penyampaian materi tentang aplikasi iptek nuklir oleh Drs. Supriyono, M. Sc, salah satu dosen Teknofisika Nuklir STTN. Kunjungan diakhiri dengan kunjungan ke laboratorium Distributed Control System (DCS) dan laboratorium radiografi.

 

Sedangkan rombongan siswa putri yang berjumlah 89 siswa, didampingi oleh Wahyu Widyastuti serta 3 guru lainnya. Rombongan diterima di Auditorium STTN, dan memperoleh penjelasan tentang STTN oleh Rita Tyas Mulatsih, MH selaku Kepala Subbagian Perencanaan dan Kerja Sama serta pemaparan materi aplikasi iptek nuklir oleh Fifi Nurfiana, M. Si (dosen Teknokimia Nuklir). Kunjungan laboratorium yang dilakukan di Laboratorium DCS serta laboratorium Radiografi disambut dengan antusias oleh para siswa. Penjelasan yang disampaikan baik secara materi maupun kunjungan langsung ke laboratorium menjadikan siswa memahami apa itu STTN serta manfaat aplikasi iptek nuklir. (tek)

 



Berita Terkait:

0 Komentar :


Isi Komentar:
  • Nama :
  • Website :
  • Komentar :
  • (Masukkan 6 kode diatas)
  • Badan Pengawas Tenaga Nuklir
  • JURNAL FORUM NUKLIR
  • BATAN
  • Tracer Alumni
Top
  • Follows us our servcies