Pustekroket Siap Mendukung Nuclear Teaching Industry STTN – BATAN


Senin, 04 Maret 2019 - 15:53:02 WIB
Diposting oleh : taurina eka
Kategori: Berita STTN - Dibaca: 749 kali


(Yogyakarta, 4/3/18). Pusat Teknologi Roket - Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Pustekroket - LAPAN) yang terletak di Jalan Raya LAPAN No 2 Mekarsari, Bogor, merupakan salah satu pusat penelitian milik LAPAN yang memiliki tugas melaksanakan kegiatan penelitian dan pengembangan teknologi roket serta pemanfaatannya.

 

Dosen Jurusan Teknofisika Nuklir, Sekolah Tinggi Teknologi Nuklir – Badan Tenaga Nuklir Nasional (JTFN, STTN – BATAN) yang terdiri dari Dr. Muhtadan, M. Eng; Adi Abimanyu, M.Eng dan Tasih Mulyono. S.ST berkesempatan untuk berkunjung ke fasilitas laboratorium milik LAPAN dan berkesempatan untuk berdiskusi dengan para peneliti LAPAN. Kegiatan tersebut diinisiasi oleh Ketua STTN -BATAN, Edy Giri Rachman Putra, Ph. D dengan Dr. Rika Suwana Budi (Peneliti LAPAN) ketika mereka berbincang santai saat reuni alumni ITB di Bandung.

 

Berawal dari perbincangan itulah, STTN - BATAN berkesempatan untuk berkunjung ke fasilitas laboratorium radiografi milik Pustekroket yang digunakan untuk menguji kualitas bahan bakar dan struktur roket menggunakan teknik radiografi X-Ray dan Cobalt.

 

Menariknya, saat ini STTN - BATAN khususnya program studi Elektro Mekanika sedang mencari jejaring industri pengguna teknologi nuklir dalam rangka mewujudkan Nuclear Teaching Industry (NTI) khususnya Non-Destruction Testing (NDT). Bak gayung bersambut, pada tanggal 29 Januari 2019 tim dosen JTFN melakukan kunjungan fasilitas uji radiografi roket milik Pustekroket didampingi oleh Dr. Rika Suwana Budi.

 

Salah satu yang menjadi pembicaraan adalah terkait dengan fasilitas yang dimiliki oleh Pustekroket cukup lengkap, tetapi mereka memiliki beberapa kendala terkait proses uji dan standarisasi kualitas bahan bakar roket. Oleh karena itu, pada tanggal 30 Januari 2019, Ketua STTN - BATAN dan tim dosen JTFN berdiskusi dengan para peneliti serta manajemen Pustekroket di Gedung data centre guna merumuskan dan menggali potensi kerjasama antara STTN dan Pustekroket LAPAN.

 

Berdasarkan diskusi tersebut, dirumuskan beberapa langkah strategis untuk bekerjasama, yaitu tukar menukar nara sumber pada seminar yang diselenggarakan oleh Pustekroket maupun STTN - BATAN; tukar menukar naskah publikasi pada jurnal yang dikelola oleh Pustekroket maupun STTN - BATAN; kerja sama untuk menghasilkan standar uji kualitas bahan bakar roket; publikasi bersama antara peneliti Pustekroket dan dosen STTN – BATAN; STTN – BATAN mendukung Pustekroket sebagai PUI (pusat unggulan iptek) dan Pustekroket mendukung STTN - BATAN mewujudkan NTI (nuclear teaching industry); mahasiswa STTN - BATAN dipersilahkan untuk kerja praktek di Pustekroket serta alumni STTN – BATAN berkesempatan untuk dapat berkompetisi mengisi posisi ASN di Pustekroket LAPAN. Besar harapannya dari hasil pertemuan tersebut, STTN - BATAN dan Pustekroket LAPAN untuk dapat segera merealisasikan kerjasama tersebut. (abm)

 

 

 



Berita Terkait:

0 Komentar :


Isi Komentar:
  • Nama :
  • Website :
  • Komentar :
  • (Masukkan 6 kode diatas)
  • Badan Pengawas Tenaga Nuklir
  • JURNAL FORUM NUKLIR
  • BATAN
  • Tracer Alumni
Top
  • Follows us our servcies