Sosialisasi Beasiswa Saintek dan Riset Pro 2019 bagi Pegawai LPNK


Selasa, 26 Maret 2019 - 15:44:10 WIB
Diposting oleh : taurina eka
Kategori: Berita STTN - Dibaca: 174 kali


(Yogyakarta, 25/3/19). Direktorat Jendral Sumber Daya Iptek dan Dikti Kemenristekdikti,  Subdirektorat Kualifikasi Sumber Daya Manusia Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (SDM Iptek), Direktorat Kualifikasi Sumber Daya Manusia, pada hari Jum’at, 22 Maret 2019 melaksanakan sosialisasi beasiswa pendidikan Pascasarjana program Saintek dan program Non Gelar Riset Pro, Kemenristekdikti. Kegiatan yang diperuntukkan bagi PNS khususnya peneliti dan perekayasa di Lembaga Pemerintah Non Kementrian (LPNK) di Wilayah Yogyakarta tersebut dilaksanakan di Auditorium Sekolah Tinggi Teknologi Nuklir – Badan Tenaga Nuklir Nasional (STTN – BATAN).

 

Adhi Putranto, selaku Kepala Subdirektorat Kualifikasi SDM Iptek menyampaikan bahwa beasiswa pendidikan Saintek 2019 diberikan untuk meningkatkan kualitas lembaga bukan perorangan. “Artinya, beasiswa ini diajukan melalui lembaga / institusi, bukan perorangan,” jelasnya. Lebih lanjut Adhi menjelaskan bahwa Ristekdikti melalui Saintek 2019 ingin meningkatkan kualitas lembaga melalui SDMnya. Sasaran program beasiswa Saintek  adalah peningkatan kapasitas SDM Iptek, tersedianya SDM Iptek lulusan Magister dan Doktoral berbasis riset, dan terbentuknya jejaring riset antara LPNK/Lemlitbang, Perguruan Tinggi dan Industri. Ada 42 lembaga penerima manfaat utama beasiswa, yaitu  6 lembaga LPNK yaitu LIPI, BPPT, BATAN, LAPAN, BSN, dan BAPETEN serta 36 lembaga Litbangyasa lainnya.

 

Selain itu, Adhi juga menyampaikan bahwa jika ingin memanfaatkan beasiswa Saintek untuk melanjutkan jenjang pendidikan adalah keseriusan untuk bisa lulus tepat waktu. “Yakinkan kami bahwa anda bisa lulus tepat waktu, dan memiliki topik penelitian sesuai dengan tugas dan fungsi kelembagaan,” jelasnya. Menurutnya, dengan lulus tepat waktu, hal tersebut berarti memberikan kesempatan kepada orang lain untuk bisa melanjutkan pendidikan. Motivasi kuliah dan dukungan keluarga juga sangat penting.

 

Selain penjelasan oleh Adhi,  juga disampaikan presentasi tentang teknis beasiswa Saintek 2019 oleh Aditya Haryanto yang dilanjutkan  dengan penyampaian materi tentang Program Non Gelar Riset Pro oleh Bagus. Program Non-Gelar (Non-Degree) RISET-Pro merupakan program pendidikan dan pelatihan yang dilaksanakan di universitas, institusi riset dan/atau lembaga diklat dan pelatihan profesional di dalam dan luar negeri yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi peserta pada bidang-bidang tertentu yang lebih spesifik guna mendukung program penguatan sistem inovasi nasional dan pelaksanaan tugas pokok dan fungsinya di Instansi yang bersangkutan. (tek)



Berita Terkait:

0 Komentar :


Isi Komentar:
  • Nama :
  • Website :
  • Komentar :
  • (Masukkan 6 kode diatas)
  • Badan Pengawas Tenaga Nuklir
  • JURNAL FORUM NUKLIR
  • BATAN
  • Tracer Alumni
Top
  • Follows us our servcies