PT. Patrari Jaya Utama Melaksanakan Kunjungan ke STTN


Jumat, 26 April 2019 - 12:39:04 WIB
Diposting oleh : taurina eka
Kategori: Berita STTN - Dibaca: 1476 kali


(Yogyakarta, 25/4/19). Pada hari Kamis tanggal 25 April 2019, Sekolah Tinggi Teknologi Nuklir – Badan Tenaga Nuklir Nasional (STTN-BATAN) menerima kunjungan dari PT. Patrari Jaya Utama. Perusahaan yang berlokasi di daerah Sorosutan, Umbulharjo, Yogyakarta tersebut merupakan perusahaan konsultan yang bergerak di bidang pengembangan Sumber Daya Manusia melalui pelatihan-pelatihan di beberapa bidang, terutama bidang industri dan pertambangan. Kunjungan dilaksanakan ke Laboratorium Bengkel Mekanik STTN dengan tujuan untuk menambah pengetahuan para peserta pelatihan di perusahaan tersebut terkait dengan operasional Overhead Crane. Peserta kunjungan terdiri dari 1 Instruktur (Suharto), 1 asisten instruktur, serta 5 orang peserta pelatihan sertifikasi alat angkat & angkut.

 

Kunjungan dibuka oleh Ir. Zaenal Abidin, M. Kes selaku dosen STTN, kemudian dilanjutkan dengan pengenalan alat secara singkat oleh Sumber Wahyudi selaku laboran di Laboratorium Bengkel Mekanik. Alat yang digunakan dalam kunjungan tersebut yaitu Overhead Crane merk Demag dengan kapasitas angkat 10 ton.

 

Acara terbagi menjadi 2 sesi. Sesi pertama diisi dengan pengenalan alat secara khusus oleh Sumber Wahyudi dan Suharto yang mencakup spesifikasi alat, operasional cara kerja dan karakterisasi alat. Selain itu, saat pengenalan alat juga dijelaskan tentang kekurangan dan kelebihan Overhead Crane dengan merk Demag tersebut dibandingkan dengan merk lainnya.

 

Sesi kedua diisi dengan simulasi pengangkatan benda dari 1 tempat ke tempat lain menggunakan Overhead Crane. Dipandu oleh Sumber Wahyudi dan Suharto, simulasi dilakukan dengan membagi peserta menjadi kelompok yang beranggotakan 2 orang. 1 orang sebagai operator Crane  dan 1 orang sebagai pengarah. Pengarah bertugas mengarahkan operator menggunakan isyarat-isyarat tangan, sedangkan operator bertugas mengoperasikan Crane menggunakan tombol-tombol dalam Controller. Pelaksanaan simulasi dengan memindahkan beban ke area tertentu dengan melewati Barrier. Pelajaran yang bisa diambil dalam simulasi tersebut yaitu dalam menggerakkan Crane harus secara smooth agar beban tidak berayun yang bisa mengakibatkan benturan ke bendal lain. Selain itu, beban yang diangkat harus dalam area gerak Crane sehingga pengangkatan dilakukan secara vertikal.

 

Harapannya kunjungan ini bisa ditindaklanjuti dengan mengadakan kerjasama antara STTN-BATAN dengan PT. Patrari Jaya Utama untuk bersama-sama mengembangkan Sumber Daya Manusia Indonesia. (fmr)

 



Berita Terkait:

0 Komentar :


Isi Komentar:
  • Nama :
  • Website :
  • Komentar :
  • (Masukkan 6 kode diatas)
  • Badan Pengawas Tenaga Nuklir
  • JURNAL FORUM NUKLIR
  • BATAN
  • Tracer Alumni
Top
  • Follows us our servcies