Kenalkan Nuklir, Siswa SMAN 8 Purworejo Melaksanakan Kunjungan ke STTN BATAN


Jumat, 26 April 2019 - 13:21:16 WIB
Diposting oleh : taurina eka
Kategori: Berita STTN - Dibaca: 335 kali


(Yogyakarta, 25/4/19). Upaya menambah wawasan dapat dilakukan dengan berbagai cara, antara lain dengan melaksanakan kunjungan ke sumber informasi, melihat serta melakukan pengamatan secara langsung kegiatan yang ada. Hal tersebut yang mendasari SMA N 8 Purworejo mengadakan program Field Study sebagai agenda rutin tahunan bagi siswa didiknya kelas X.  Pada tahun 2019 ini, Field Study dilaksanakan salah satunya dengan mengunjungi Sekolah Tinggi Teknologi Nuklir – Badan Tenaga Nuklir Nasional (STTN – BATAN). Kunjungan dilaksanakan  pada hari Kamis, 25 April 2019, bertempat di Auditorium STTN dan disambut oleh pembantu ketua III STTN bidang kemahasiswaan, Ir. Dwi Priyantoro, M. Si.

 

Arif  Rakhmat, S. Pd, M. Pd selaku Wakil Kepala Sekolah bidang kemahasiswaan SMAN 8 Purworejo dalam sambutannya menyampaikan harapan dari kegiatan ini adalah selain siswa mendapatkan ilmu tentang nuklir serta manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari, juga bisa membuka wawasan siswa terhadap nuklir pada umumnya serta STTN pada khususnya, dan selanjutnya menggugah siswa untuk menjadi mahasiswa STTN ke depannya. “Saat ini kami melihat, belum ada siswa kami yang menjadi mahasiswa STTN. Semoga dengan adanya kunjungan ini, dapat menggugah siswa untuk belajar nuklir di STTN ke depannya,” jelasnya. Arif juga berharap adanya kerja sama yang dapat dilaksanakan antara STTN dengan SMA N 8 Purworejo.

 

Kunjungan kali ini dibagi menjadi 2 kelompok, yaitu kelompok yang mendapatkan penjelasan terkait nuklir dan STTN dengan menyimak pemaparan metode presentasi dan diskusi, dan kelompok yang secara langsung mengunjungi beberapa laboratorium di STTN. Pemaparan terkait dengan profil STTN disampaikan oleh Ir. Dwi Priyantoro, M. Si dan pemaparan tentang aplikasi iptek nuklir disampaikan oleh Dr. Anwar Budianto, DEA. Sedangkan kunjungan langsung ke laboratorium dilakukan ke laboratorium Radiografi, Iradiator, Distributed Controling System (DCS), Mekatronika serta laboratorium Instumentasi Nuklir. Antusias siswa mengikuti kunjungan cukup besar, terbukti dengan aktifnya beberapa siswa bertanya terkait dengan STTN dan nuklir serta aplikasinya.

 

Aktris Herlinawati dan Lidia Fadilla, wakil siswa dari SMAN 8 Purworejo menyampaikan kegembiraannya dapat berkunjung ke STTN, sehingga wawasan dan pengetahuannya terkait dengan nuklir semakin terbuka. “Petugasnya ramah, penjelasannya mudah dipahami, sehingga pemahaman dan pengetahuan kami tentang nuklir semakin bertambah,” ungkap mereka. Kunjungan diakhiri dengan melaksanakan foto bersama. (tek)

 



Berita Terkait:

0 Komentar :


Isi Komentar:
  • Nama :
  • Website :
  • Komentar :
  • (Masukkan 6 kode diatas)
  • Badan Pengawas Tenaga Nuklir
  • JURNAL FORUM NUKLIR
  • BATAN
  • Tracer Alumni
Top
  • Follows us our servcies