Mahasiswa STTN Melaksanakan Studi Ekskursi guna Menambah Wawasan


Senin, 27 Mei 2019 - 14:31:07 WIB
Diposting oleh : taurina eka
Kategori: Berita STTN - Dibaca: 219 kali


(Yogyakarta, 27/5/19). Studi Ekskursi merupakan kegiatan wajib tahunan yang diadakan oleh Sekolah Tinggi Teknologi Nuklir – Badan Tenaga Nuklir Nasional (STTN – BATAN). Kegiatan tersebut wajib diikuti oleh mahasiswa semester 6 STTN-BATAN sebagai syarat kelulusan.

 

Kegiatan diadakan untuk mempererat tali silaturahmi dan hubungan baik antara STTN dan BATAN, menumbuhkan minat mahasiswa dalam menyikapi perkembangan teknologi, menambah wawasan dan pengetahuan mahasiswa tentang perkembangan teknologi nuklir dan pemanfaatannya di dunia industri, memperkenalkan aplikasi pengetahuan yang diperoleh di kuliah secara konkret sehingga mahasiswa STTN dapat menjadi engineer yang mengabdikan dirinya bagi kemajuan IPTEK Nuklir di Indonesia, serta meningkatkan kekompakan, kekeluargaan dan solidaritas.

 

Selain itu, diharapkan dari kegiatan tersebut mahasiswa akan mendapatkan manfaat antara lain mahasiswa semakin mengenal dunia industri terutama pada bidang iptek nuklir sehingga lebih siap dalam menghadapi dunia kerja ke depannya. Selain itu, kegiatan tersebut dilakukan guna memperkenalkan mengenai dunia industri kepada mahasiswa dan memperkenalkan iptek nuklir kepada industri, memperluas wawasan, jaringan dan, pengalaman mahasiswa agar dapat menjadi bekal memasuki dunia kerja, terbukanya pikiran kritis mahasiswa STTN dalam mengembangkan aplikasi teknologi nuklir serta terselenggaranya tujuan tridarma perguruan tinggi melalui kegiatan studi yang mendalami dan menggali informasi dari pusat aplikasi teknologi nuklir, BATAN.

 

Kegiatan Studi Ekskursi dilaksanakan selama 4 hari yaitu pada hari Selasa - Jum’at, 9-13 April 2019 dengan mengunjungi 3 perusahaan dan beberapa pusat rekasaya nuklir di BATAN Serpong. Studi Ekskursi kali ini diikuti sejumlah 97 mahasiswa dari 3 program studi dan 3 dosen pendamping.

 

Mahasiswa program studi Teknokimia pada hari pertama melaksanakan kunjungan ke PT. Rel - Ion Sterilization Services, Cikarang Bekasi. Perusahaan ini merupakan perusahaan pertama dan satu-satunya di Indonesia yang memiliki fasilitas Irradiator Gamma yang digunakan untuk kebutuhan komersil. Perusahaan ini melayani jasa sterilisasi dan layanan higienis dengan menggunakan irradiator gamma.

 

Sementara itu, mahasiswa Jurusan Teknofisika Nuklir, untuk program studi Elektronika Instrumentasi melaksanakan kunjungan ke PT. ABB Sakti Industri, Cibitung Bekasi dan mahasiswa program studi Elektro Mekanika melaksanakan kunjungan ke PT. Pyo Joon Mold Indonesia Jababeka Bekasi. Perusahaan ini bergerak dibidang Molding (pengecoran/pencetakan) komponen-komponen industri seperti komponen motor, TV, dan lain sebagainya. Hari kedua ditutup dengan menghadiri acara Mata Najwa di Trans 7.

 

Pada hari ketiga peserta Studi Ekskursi berkunjung ke BATAN Serpong. Program studi Elektro Mekanika dan Elektronika Instrumentasi mengunjungi Pusat Rekayasa Fasilitas Nuklir (PRFN) dan Pusat Reaktor Serbaguna Serpong (PRSG) sedangkan program studi Teknokimia Nuklir mengunjungi Pusat Sains dan Teknologi Bahan Maju (PSTBM) dan Pusat Teknologi Limbah Radioaktif (PTLR).

 

Sebelum melakukan kunjungan pada setiap fasilitas nuklir, mahasiswa melakukan simulasi kedaruratan non-nuklir. Hal ini terjadi karena pada saat kunjungan, BATAN Serpong sedang melakukan simulasi kedaruratan rutin. Pada kegiatan simulasi, mahasiswa STTN juga turut berperan aktif dalam kegiatan tersebut. (ydst)

 



Berita Terkait:

0 Komentar :


Isi Komentar:
  • Nama :
  • Website :
  • Komentar :
  • (Masukkan 6 kode diatas)
  • Badan Pengawas Tenaga Nuklir
  • JURNAL FORUM NUKLIR
  • BATAN
  • Tracer Alumni
Top
  • Follows us our servcies