Tahun 2020 : Student Fellowship Program STTN di Synchrotron Light Research Institute (SLRI)


Kamis, 04 Juli 2019 - 09:06:42 WIB
Diposting oleh : taurina eka
Kategori: Berita STTN - Dibaca: 277 kali


(Nakhon Ratchasima, Thailand, 24 - 25 Juni 2019). Menindaklanjuti kerjasama yang telah dilakukan Sekolah Tinggi Teknologi Nuklir (STTN), Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) dengan Synchrotron Light Research Institute (SLRI) – Thailand melalui keikutsertaan mahasiswa STTN dalam ASEAN Synchrotron Science Camp sejak tahun 2014 dan juga Student Internship Program (kerja praktik mahasiswa) STTN-BATAN di SLRI mulai tahun 2017, maka pada hari Senin, 24 Juni 2019 diadakan pertemuan khusus antara pihak STTN-BATAN dengan SLRI.

 

Dari pihak STTN, pertemuan khusus ini dihadiri oleh Edy Giri Rachman Putra, PhD (Ketua STTN), Dr. Muhtadan (Ketua Jurusan Teknofisika Nuklir), Dr. Sutanto (Ketua Program Studi Elektronika Instrumentasi) dan Maria C. Prihatiningsih, M.Eng (dosen Jurusan Teknokimia Nuklir). Sedangkan dari pihak SLRI, dihadiri oleh Professor Wing Commander Dr. Sarawut Sujitjorn (Chief Executive Officer), Dr. Somchai Tancharakorn (Assistant Director for Special Affairs), Dr. Supat Klinkiew (Deputy Director for Technical Supports), Mr. Samrerng Duangnil (Acting Head, Technical and Engineering Department) and Miss Worada Jarupoonphol (Foreign Affairs Officer, International Cooperation Division).

 

Pertemuan ini membahas kelanjutan pengembangan Student Internship Program STTN dengan SLRI sebelumnya, dengan pengusulan skema baru yaitu program penelitian tugas akhir mahasiswa (Student Internship Program) sebagai asisten peneliti (Research Assistant), serta pemagangan bagi dosen untuk topik-topik khusus terkait akselerator dan aplikasinya di SLRI Thailand. Implementasi program baru yang diusulkan ini merupakan bentuk penguatan kurikulum pendidikan vokasi dalam bidang kenukliran di tingkat regional dan juga internasional yang akan memberikan nilai plus untuk mahasiswa dan lulusan STTN ke depannya, termasuk dosennya. Sedangkan bagi pihak SLRI, dengan adanya Student Internship Program ini akan semakin diakui sebagai sebuah lembaga riset dengan reputasi internasional karena selain dapat menerima mahasiswa dan peneliti dari kawasan regional juga internasional untuk melakukan penelitiannya dan juga pendidikan dan pembelajaran mengenai akselerator serta pendayagunaannya. 

 

Pertemuan dilanjutkan dengan kunjungan ke fasilitas di seluruh SLRI, baik fasilitas utamanya seperti linier accelerator (Linac), beam-line instrumentations, dan fasilitas pendukung serta diskusi secara langsung dengan peneliti (scientist) maupun perekaysa (engineer) untuk mengidentifikasi potensi yang dapat digunakan sebagai topik kegiatan internship sekaligus topik tugas akhir. Dari hasil diskusi dan kunjungan ke fasilitas selama dua hari, 24 – 25 Juni 2019, maka diperoleh beberapa topik yang dapat ditawarkan kepada mahasiswa yaitu antara lain design of arm robotics control system; development of data acquisition system; development of image processing and analysis code; QC assessment/evaluation; design (physics, engineering), fabrication (how to use machine, ex. CNC to fabricate components), test and installation (engineering) of beam line components/parts dan development of radiation protection and safety program (Monte Carlo Simulation/Fluka for shielding design).

 

Untuk dapat mengikuti Student Fellowship Program di SLRI Thailand ini maka diperlukan persyaratan khusus bagi mahasiswa berupa kompetensi umum dan khusus, serta hardskill dan softskill seperti kemampuan berbahasa Inggris untuk berkomunikasi dan menulis, self-motivated and encouraged, mampu bekerja dalam team serta mau berkerja keras (hardwork).

 

Pengusulan proposal penelitian serta proses seleksi bagi mahasiswa STTN yang akan mengikuti Student Fellowship Program di SLRI Thailand akan dilakukan mulai bulan September 2019 dan diharapkan mulai awal bulan Februari 2020 telah menjalankan penelitiannya di Thailand sampai dengan bulan Juli 2020. (egp)

 

 



Berita Terkait:

0 Komentar :


Isi Komentar:
  • Nama :
  • Website :
  • Komentar :
  • (Masukkan 6 kode diatas)
  • Badan Pengawas Tenaga Nuklir
  • JURNAL FORUM NUKLIR
  • BATAN
  • Tracer Alumni
Top
  • Follows us our servcies