Kunjungan Kepala BATAN dan Ketua STTN ke DTNTF dalam rangka Memperkuat Kerja Sama


Kamis, 04 Juli 2019 - 13:13:41 WIB
Diposting oleh : taurina eka
Kategori: Berita STTN - Dibaca: 188 kali


(Yogyakarta, 3/7/19). Edy Giri Rachman Putra, Ph. D, selaku ketua Sekolah Tinggi Teknologi Nuklir – Badan Tenaga Nuklir Nasional (STTN – BATAN) berharap kerja sama antara BATAN khususnya antara STTN dan Pusat Sains dan Teknologi Akselerator (PSTA) dengan Departemen Teknik Nuklir dan Teknik Fisika (DTNTF), UGM dapat segera terealisasi. Hal tersebut sesuai dengan yang disampaikan oleh Kepala BATAN, Prof. Dr. Anhar Reza Antariksawan, bahwa dengan telah dilaksanakan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) pada tahun 2017 antara BATAN dan UGM, banyak hal yang bisa dilaksanakan bersama.

 

Pernyataan tersebut disampaikan pada pertemuan yang dilaksanakan pada hari Selasa, 2 Juli 2019 bertempat di ruang rapat DTNTF UGM dengan agenda membahas rancangan kerjasama dalam rangka pengembangan teknologi nuklir di Indonesia.  Hadir dalam pertemuan tersebut, Kepala BATAN, Sekretaris Utama BATAN, Ketua STTN, perwakilan pejabat STTN dan PSTA, Dekan Fakultas Teknik UGM, Wakil Dekan bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Ketua DTNTF UGM, serta beberapa pejabat DTNTF.

 

Anhar menyampaikan bahwa kerja sama ini menjadi sesuatu yang strategis, dimana pengembangan SDM BATAN saat ini menjadi sebuah perhatian dengan adanya rentang umur pegawai yang besar. “Rentang usia pegawai BATAN terlalu besar. Pengetahuan dan pengalaman  serta kompetensi sudah memberi tanda lampu kuning. Diperlukan transfer knowledge serta akselerasi untuk mengisi hal tersebut,” jelasnya. Menindaklanjuti hal tersebut, selain membahas terkait dengan pengembangan teknologi nuklir, juga dilaksanakan diskusi tentang pengembangan pendidikan keteknik nukliran khususnya bagi staf BATAN.

 

Sementara itu, Edy Giri menyampaikan bahwa kerja sama yang bisa dilaksanakan antara STTN, PSTA dan DTNTF UGM adalah tekait dengan penyusunan kurikulum baru, pemanfaatan fasilitas nuklir bersama, pelaksanaan kunjungan, pertukaran tenaga ahli / pengajar serta penelitian bersama.

 

Prof. Ir. Nizam, M. Sc, Ph. D selaku Dekan Fakultas Teknik UGM menyatakan sangat terbuka untuk bekerja sama lebih erat antara BATAN dengan DTNTF UGM. “Kami siap bergandeng tangan mendorong pemanfaatan energi nuklir untuk kepentingan bersama,” ungkapnya.

 

Pertemuan diakhiri dengan diskusi serta kesepakatan akan melaksanakan pembicaraan lebih lanjut terkait poin kerja sama dan ditutup dengan foto bersama. (tek)

 

 



Berita Terkait:

0 Komentar :


Isi Komentar:
  • Nama :
  • Website :
  • Komentar :
  • (Masukkan 6 kode diatas)
  • Badan Pengawas Tenaga Nuklir
  • JURNAL FORUM NUKLIR
  • BATAN
  • Tracer Alumni
Top
  • Follows us our servcies