Mahasiswa Elins Laksanakan Kunjungan Industri ke Bandung


Senin, 08 Juli 2019 - 16:03:23 WIB
Diposting oleh : taurina eka
Kategori: Berita STTN - Dibaca: 70 kali


(Yogyakarta, 5/7/19). Pada hari Rabu, 3 Juli 2019, 43 orang mahasiswa program studi Elektronika Instrumentasi Sekolah Tinggi Teknologi Nuklir – Badan Tenaga Nuklir Nasional (STTN – BATAN) melaksanakan Kunjungan Industri (KI) ke Bandung. Kegiatan ini merupakan agenda rutin tahunan yang diselenggarakan dengan tujuan untuk memperkenalkan mahasiswa ke dunia kerja dan dunia industri sehingga para mahasiswa bisa lebih mempersiapkan diri untuk memasuki dunia kerja setelah lulus nanti. Selain itu, kunjungan juga bertujuan untuk memberikan gambaran ke mahasiswa terkait dengan beberapa instansi yang bisa dijadikan tempat untuk melakukan Kerja Praktik ataupun penelitian bersama sebagai bagian dari pelaksanaan Tugas Akhir (TA). 

 

Rombongan mahasiswa yang didampingi oleh Fauzi Maulana Rahman, S.ST sebagai wakil dari jurusan Teknofisika Nuklir. Ditunjuk sebagai ketua kegiatan adalah Raja Kamal Ramadhan (Elins 2017). Peserta kegiatan merupakan mahasiswa semester 2 dan 4 yang baru saja selesai melaksanakan Ujian Akhir Semester Genap.

 

Kegiatan diawali dengan kunjungan ke Pusat Sains dan Teknologi Nuklir Terapan (PSTNT) yang berlokasi di Jl. Tamansari No.71, Siliwangi, Kecamatan Coblong, Kota Bandung. Rombongan disambut secara langsung oleh Kepala PSTNT,  Dr. Jupiter Sitorus Pane, M.Sc. Dalam sambutannya, Jupiter berpesan kepada para mahasiswa untuk terus melakukan inovasi-inovasi terutama di bidang Nuklir dalam rangka meningkatkan pemanfaatan iptek nuklir untuk kesejahteraan masyarakat Indonesia. 

 

Acara selanjutnya yaitu penjelasan Profil PSTNT oleh Kepala Sub Bagian PKDI (Arie Widowati, M.T) dan dilanjutkan dengan kunjungan ke laboratorium serta fasilitas yang ada di PSTNT, antara lain Reaktor TRIGA 2000, Lab Senyawa Bertanda dan Radiometri, Lab Analisis Aktivasi Neutron, dan Instalasi Pengelolaan Limbah Cair.

 

Kunjungan kedua bertempat di Balai Besar Bahan dan Barang Teknik (B4T) dengan alamat Jl. Sangkuriang No.14 Bandung. Ir. Dudung selaku Kepala Bidang Pengembangan Jasa Teknik menyambut secara langsung kedatangan rombongan. Beliau juga menjelaskan tentang profil B4T serta kemungkinan-kemungkinan adanya kerjasama lanjutan antara STTN dengan B4T. Kunjungan ke B4T dispesifikkan ke bagian Laboratorium Elektronika dan EMC yang telah diakreditasi oleh Komite Akreditasi Nasional. Rombongan mengunjungi fasilitas pengujian Pengkondisi Udara (AC) dan fasilitas pengujian Electronic Compatibility (EMC).

 

Baik PSTNT maupun B4T, keduanya sudah menyetujui adanya kemungkinan dilaksanakannya kerja sama lebih lanjut dalam bentuk Kerja Praktik maupun penelitian bersama sebagai Tugas Akhir Mahasiswa. Harapannya, acara seperti ini bisa terus dilakukan secara rutin sehingga menambah pengalaman dan pengetahuan mahasiswa untuk lebih mempersiapkan diri memasuki dunia kerja. (fmr)

 



Berita Terkait:

0 Komentar :


Isi Komentar:
  • Nama :
  • Website :
  • Komentar :
  • (Masukkan 6 kode diatas)
  • Badan Pengawas Tenaga Nuklir
  • JURNAL FORUM NUKLIR
  • BATAN
  • Tracer Alumni
Top
  • Follows us our servcies