Dosen STTN Berpartisipasi dalam Konferensi Internasional di Rusia


Rabu, 07 Agustus 2019 - 11:39:18 WIB
Diposting oleh : taurina eka
Kategori: Berita STTN - Dibaca: 61 kali


(Yogyakarta, 1/8/19). Train the trainer course for university members “Technological Aspect of AES-2006 (VVER-1200) Development of Nuclear Curricula on VVER Technology” diselenggarakan oleh Rosatom Technical Academy (Rosatom Tech) sejak 24 Juni – 5 Juli 2019 di Obninsk-Russia Federation. Kegiatan ini paralel dengan International Conference Capacity Building for Nuclear Industry: Research, Safety” yang diselenggarakan pada tanggal 26 – 27 Juni 2019.

 

Pelatihan bertujuan untuk membantu anggota fakultas dalam meningkatkan pengetahuan mereka tentang teknologi VVER-1200 dan mengembangkan modul pendidikan tentang teknologi VVE, dan dihadiri oleh 23 perwakilan dari 12 negara (Bolivia, Mesir, Bnagladesh, Indonesia, Italia, Nigeria, Rumania, Slovakia, Turki, Uzbekistan, Firlandia, Swedia), termasuk 8 siswa dari Eropa (perwakilan dari Jaringan Pendidikan Nuklir Eropa Universitas).

 

Sekolah Tinggi Teknologi Nuklir – Badan Tenaga Nuklir Nasional (STTN – BATAN) sebagai salah satu perwakilan dari Indonesia juga turut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut, yang diwakili oleh Adi Abimanyu, M. Eng selaku dosen program studi Elektro Mekanika yang terpilih setelah melalui seleksi dari pihak penyelenggara (Rosatom Tech).

 

Pada kesempatan ini peserta belajar tentang masalah pendidikan nuklir, keadaan kondisi nuklir di Rusia saat ini dan teknik bahan bakar nuklir serta aspek kondisi operasi VVER-1200. Peserta pelatihan juga mengambil bagian pada kegiatan International Conference “Capacity Building for Nuclear Industry: Education, Research, Safety”. Dalam kesempatan tersebut, Abimanyu mempresentasikan tentang pendidikan nuklir yang dikembangkan di Indonesia pada umumnya dan STTN – BATAN pada khususnya. Topik yang diangkat oleh Abimanyu pada seminar tersebut adalah konsep Nuclear Teaching Industry yang akan dikembangkan oleh STTN – BATAN. Pada acara tersebut terjalin komunikasi dan penjajakan kemungkinan kerja sama antar instansi peserta.

 

Pada Minggu kedua, peserta pelatihan mendapat materi terkait dengan masalah keselamatan AES-2006 serta pengembangan program pendidikan yang relevan di Universitas dengan penekanan pada pekerjaan praktis. Para peserta juga di ajak mengunjungi pembangkit listrik tenaga nuklir pertama di dunia (di Obninsk), yang merayakan hari jadinya yang ke-65 tahun ini, dan melakukan tur teknis ke Novovoronezh NPP-2 (Vver-1200, Gen III+).

 

Pelatihan “Technological Aspect of AES-2006 (VVER-1200) Development of Nuclear Curricula on VVER Technology” ini merupakan bagian dari proyek ROSATOM yang bekerja sama secara Internasional dengan dunia pendidikan khususnya bidang nuklir. Harapan dari pelaksanaan pelatihan ini adalah terjalinnya komunikasi dan kerjasama antara industri nuklir dan dunia pendidikan, khususnya universitas untuk pemanfaatan teknologi nuklir demi kemakmuran. (abm)

 



Berita Terkait:

0 Komentar :


Isi Komentar:
  • Nama :
  • Website :
  • Komentar :
  • (Masukkan 6 kode diatas)
  • Badan Pengawas Tenaga Nuklir
  • JURNAL FORUM NUKLIR
  • BATAN
  • Tracer Alumni
Top
  • Follows us our servcies