Prodi Elins STTN Membekali Mahasiswa dengan SIB Medik Tingkat II


Kamis, 08 Agustus 2019 - 15:49:33 WIB
Diposting oleh : taurina eka
Kategori: Berita STTN - Dibaca: 41 kali


(Yogyakarta, 8/8/18). Kurikulum Program Studi Elektronika Instrumentasi (Prodi Elins), Jurusan Teknofisika Nuklir, Sekolah Tinggi Teknologi Nuklir – Badan Tenaga Nuklir Nasional (STTN - BATAN) bermuara pada tiga minat studi, yaitu instrumentasi reaktor nuklir dan irradiator, instrumentasi medik, dan otomasi industri. Pada bidang instrumentasi medik, mahasiswa dibekali dengan kemampuan melakukan uji kesesuaian pesawat sinar X untuk diagnosis dan kemampuan melakukan proteksi radiasi pada aplikasi bidang medik.

Sesuai dengan peraturan Badan Pengawas Tenaga Nuklir (Bapeten), setiap penggunaan pesawat sinar-X di sebuah rumah sakit harus mendapatkan ijin operasi dari Bapeten. Beberapa persyaratan pengajuan ijin tersebut meliputi data uji kesesuaian uji fungsi, uji paparan dan uji kebocoran pesawat sinar-X, disamping persyaratan administrasi lainnya.

Mahasiswa minat studi instrumentasi medik ditargetkan berkompeten dalam melakukan uji-uji tersebut. Kompetensi tersebut ditunjukkan melalui sertifikasi Petugas Proteksi Radiasi (PPR) bidang medik. Selama ini, Sekolah Tinggi Teknologi Nuklir sudah membekali mahasiswa dengan dengan surat ijin bekerja di daerah radiasi (SIB) untuk bidang industri tingkat I. Pada tahun 2019 ini, Prodi Elins menambah bekal khususnya untuk mahasiswa minat studi instrumentasi medik dengan SIB Medik tingkat II.

Merealisakan hal tersebut, Prodi Elins STTN bekerja sama dengan UPT Laboratorium Terpadu Universitas Sebelas Maret (UNS) membekali mahasiswa Prodi Elins STTN dengan SIB Medik tingkat II. Kegiatan pelatihan PPR Medik II dilaksanakan mulai tanggal 7 – 14 Agustus 2019, bertempat di UPT Lab Terpadu UNS.

Sertifikasi diikuti oleh 1 dosen Prodi Elins STTN, 9 mahasiswa Prodi Elins minat studi instrumentasi medik, dan 1 mahasiswa Prodi Teknokimia Nuklir. Ujian sertifikasi akan dilakukan oleh Bapeten di tempat yang sama. SIB tersebut akan menjadi bekal tambahan bagi mahasiswa dalam berkiprah di dunia kerja, Kedepan, Prodi Elins STTN akan mengupayakan sertifikasi pada bidang yang lain, seperti operator irradiator, operator reaktor dan sertifikasi pada bidang elektronika dan instrumentasi secara umum. (tanto)

 



Berita Terkait:

0 Komentar :


Isi Komentar:
  • Nama :
  • Website :
  • Komentar :
  • (Masukkan 6 kode diatas)
  • Badan Pengawas Tenaga Nuklir
  • JURNAL FORUM NUKLIR
  • BATAN
  • Tracer Alumni
Top
  • Follows us our servcies