STTN menuju Politeknik


Selasa, 13 Agustus 2019 - 16:33:37 WIB
Diposting oleh : taurina eka
Kategori: Berita STTN - Dibaca: 1291 kali


(Yogyakarta, 12/8/19). Sebuah keniscayaan adalah ketika Perguruan Tinggi dibawah Lembaga Pemerintah Non Kementerian berubah bentuk dari Sekolah Tinggi menjadi Politeknik. Hal ini juga terjadi pada Sekolah Tinggi Teknologi Nuklir (STTN) yang bernaung dibawah Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN). Proses yang telah diinisiasi beberapa tahun terakhir membawa STTN untuk melakukan benchmarking ke Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS), yang kini telah berubah nama dan bentuk Perguruan Tinggi menjadi Politeknik Statistika STIS.

 

Keingintahuan untuk belajar dan menyiapkan persyaratan sesuai dengan ketentuan serta mengetahui seluk beluk proses yang dilalui, rombongan STTN pada hari Kamis, 8 Agustus 2019 melaksanakan studi banding ke Politeknik Statistika STIS. Semangat rombongan STTN yang terdiri dari Ketua STTN (Edy Giri Rachman Putra, Ph. D), Pembantu Ketua I (Ir. Noor Anis Kundari, MT), Pembantu Ketua III (Ir. Dwi Priyantoro, M. Si), Kepala Bagian Administrasi Umum (Ir. Isman Mulyadi Triatmoko), Kepala UPPM (Haerul Ahmadi, M. Si), Ketua Tim Jaminan Mutu (Fifi Nurfiana, M. Si) dan Kepala Subbag Perencanaan dan Kerja Sama (Rita Tyas Mulatsih, MH) melaksanakan diskusi dan menyimak penjelasan dari Politeknik Statistika STIS membagi pengalaman baik sebelum, selama, dan pasca proses perubahan dari Sekolah Tinggi menjadi Politeknik. Selain tim dari STTN hadir juga perwakilan dari Biro Sumber daya Manusia dan Organisasi (BSDMO BATAN) yaitu Dra. Wiwik Sri Wiyati, Bambang Suhartono, SE, dan Ira Prasetyarini, S.H, M.AP.

 

Rombongan diterima oleh Wakil Direktur I Akademik (Dr. Hardius U, M.Si), Wakil Direktur II (Titik Harsanti, M.Si), Ketua Prodi D3 Statistika (Agung Priyo Utomo, S.Si, M.T), Kepala Unit Kajian Statistik Ekonomi (Novia Budi Parwanto, M.SE, MPP, Ph. D) dan Kepala Subbagian Kepegawaian (Rifka Rahman Hakim, S. Psi, M. Si).

 

Hardius dalam sambutannya menyampaikan terimakasih atas kunjungan yang dilakukan dan kesediaan untuk bertukar pengalaman. Sedangkan Edy Giri dalam tanggapannya menyampaikan alasan memilih kunjungan ke Politeknik Statistika STIS antara lain karena adanya kesamaan khususnya terkait dengan keberadaannya dibawah koordinasi lembaga, sehingga berharap banyak hal bisa dibagikan. Pemaparan mengenai proses perubahan disampaikan oleh Novia Budi dan dilanjutkan dengan diskusi. Disampaikan bahwa perubahan status Politeknik STIS mulai diajukan Februari 2016, pada tahun yang sama mendapat ijin prinsip dari Menristekdikti dan persetujuan dari MenPan RB. Kemudian dilanjutkan dengan tahap penyiapan Statuta dan Ortala Politeknik yang baru.

 

Diskusi berlangsung dengan hangat, pertanyaan mengalir terkait seluk beluk proses perubahan, struktur organisasi yang dimiliki Politeknik Statistika STIS, koordinasi dan batas kewenangan yang terbangun menjadi masukan yang sangat berharga dalam proses transformasi STTN menjadi Politeknik dibidang nuklir yang kompetitif dan kompeten.

 

Setelah melaksanakan studi banding ke Politeknik STIS, rombongan STTN kembali melaksanakan diskusi dengan Sekretaris Utama serta Kepala Biro Sumber Daya Manusia dan Organisasi (BSDMO) BATAN pada keesokan harinya yaitu hari Jum’at, 9 Agustus 2019 membahas rencana perubahan STTN ke Politeknik (rtm&tek)

 



Berita Terkait:

0 Komentar :


Isi Komentar:
  • Nama :
  • Website :
  • Komentar :
  • (Masukkan 6 kode diatas)
  • Badan Pengawas Tenaga Nuklir
  • JURNAL FORUM NUKLIR
  • BATAN
  • Tracer Alumni
Top
  • Follows us our servcies