Wartawan Wilayah Yogyakarta Kunjungi Laboratorium Iradiator di STTN


Rabu, 04 September 2019 - 13:48:59 WIB
Diposting oleh : taurina eka
Kategori: Berita STTN - Dibaca: 76 kali


(Yogyakarta, 2/9/19). Sebanyak sepuluh wartawan wilayah Yogyakarta, pada hari Jum’at, 30 Agustus 2019 melaksanakan kunjungan ke laboratorium Iradiator Sekolah Tinggi Teknologi Nuklir – Badan Tenaga Nuklir Nasional (STTN – BATAN). Kunjungan yang diinisiasi oleh Bagian Hubungan Masyarakat - Biro Hukum Humas dan Kerja Sama (BHHK) BATAN tersebut dilaksanakan dengan tujuan untuk mengenalkan salah satu fasilitas BATAN yang ada di STTN yakni Iradiator “Mirzan T Razak”. Laboratorium tersebut telah diresmikan pada tanggal 19 Desember 2017. Iradiator dengan aktivitas 12 kCi tersebut merupakan suatu alat yang berisi sumber radioaktif sinar Gamma.

 

Sugili Putra, ST, M. Sc selaku Kepala Laboratorium Iradiator menyampaikan bahwa Iradiator yang ada di STTN ini adalah Iradiator Gamma kategori 1, yang berfungsi untuk melakukan penelitian, riset dosen dan tugas akhir mahasiswa, praktikum serta pengabdian kepada masyarakat. Direncanakan pada tahun 2020, juga akan digunakan sebagai tempat pelatihan Petugas Iradiator. Kerja sama pemanfaatan bersama Iradiator dengan instansi pendidikan juga telah banyak dilakukan, antara lain dengan MIPA Fisika UNY, Fakultas Teknologi Pertanian UGM, UNS serta UKSW.

 

Lebih lanjut Sugili menyampaikan, bahwa Iradiator di STTN juga digunakan untuk penelitian pengembangan material maju, pengembangan untuk material penyerap, pengembangan material hidrofobik (takut air), pemuliaan tanaman dan lainnya. “Iradiator juga dapat dimanfaatkan untuk penelitian yang terkait dengan pengembangan material hidrofobik. Contohnya dimanfaatkan untuk pembungkus makanan yang mudah bocor,” jelasnya.

 

Setelah mendapatkan penjelasan terkait manfaat dan fungsinya, wartawan yang melaksanakan kunjungan juga diajak melihat secara langsung wujud dari Iradiator Gamma “Mirzan T Razzak”. Sugili berharap dengan adanya kunjungan seperti ini menjadi salah satu cara untuk dapat lebih mempercepat proses pemahaman masyarakat terhadap aplikasi iptek nuklir. Selain melaksanakan kunjungan ke Iradiator, rombongan juga diajak berkunjunga ke Pusat Sains dan Teknologi Akselerator (PSTA) BATAN untuk melihat secara langsung proses pemanfaatan Internet Reaktor Learning (IRL). (tek)



Berita Terkait:

0 Komentar :


Isi Komentar:
  • Nama :
  • Website :
  • Komentar :
  • (Masukkan 6 kode diatas)
  • Badan Pengawas Tenaga Nuklir
  • JURNAL FORUM NUKLIR
  • BATAN
  • Tracer Alumni
Top
  • Follows us our servcies