Pertama Kali, Siswa SMA Al Islam 1 Surakarta Melaksanakan Kunjungan ke STTN


Jumat, 11 Oktober 2019 - 16:22:45 WIB
Diposting oleh : taurina eka
Kategori: Berita STTN - Dibaca: 93 kali


(Yogyakarta, 10/10/19). Sekolah Tinggi Teknologi Nuklir – Badan Tenaga Nuklir Nasional (STTN – BATAN) pada hari Rabu, 9 Oktober 2019 menerima kunjungan dari siswa SMA Al Islam 1 Surakarta. Sebanyak 80 siswa yang keseluruhannya merupakan siswa kelas XII tersebut diterima oleh Kepala Subbagian Perencanaan dan Kerjasama, Rita Tyas Mulatsih, MH di Auditorium STTN. 

 

Sarwo Edi, S. Pd selaku Wakil Kepala Sekolah bidang humas SMA Al Islam 1 Surakarta menyampaikan bahwa kunjungan bertujuan untuk memberikan wawasan kepada siswa tentang pilihan pendidikan tinggi. Selain itu, diharapkan dari kunjungan ini, siswa juga dapat melihat secara langsung gambaran perkuliahan, sehingga siswa memiliki kemantapan dalam melanjutkan pendidikannya sesuai dengan bakat dan minatnya. “Ini adalah kunjungan pertama dari SMA Al Islam 1 Surakarta ke STTN. Siswa sendiri yang menentukan pilihannya untuk berkunjung ke STTN. Banyak siswa yang penasaran dengan apa itu nuklir, apa yang dipelajari dan bagaimana prospek kerja setelah lulus nantinya,” jelasnya di sela-sela waktu kunjungan.

 

Sementara itu, Rita menyampaikan bahwa sebagian orang masih saja menganggap bahwa iptek nuklir itu adalah ilmu yang unik, spesifik tapi mengerikan. “Sebagian orang mendefinisikan nuklir itu identik dengan bom. Namun, benarkah demikian?,” tanya Rita di awal sambutannya. Lebih lanjut Rita menjelaskan, bahwa nuklir itu dekat dengan keseharian kita, contohnya bidang kesehatan, bidang industri, bidang pertanian dan lainnya. Selain menyampaikan sambutan, Rita juga menjelaskan tentang profil STTN, yang dilanjutkan dengan penyampaian materi aplikasi iptek nuklir oleh Sugili Putra, ST, M. Sc selaku dosen Teknokimia Nuklir STTN. Kunjungan diakhiri dengan penyerahan cinderamata kedua belah pihak, dan melaksanakan kunjungan ke laboratorium Radiografi, laboratorium Iradiator, laboratorium DCS dan laboratorium Instrumentasi Nuklir yang disambut dengan antusias oleh sebagian besar siswa. (tek)

 

 

 



Berita Terkait:

0 Komentar :


Isi Komentar:
  • Nama :
  • Website :
  • Komentar :
  • (Masukkan 6 kode diatas)
  • Badan Pengawas Tenaga Nuklir
  • JURNAL FORUM NUKLIR
  • BATAN
  • Tracer Alumni
Top
  • Follows us our servcies