Dosen STTN Ikuti Nuclear Energy Management School 2019 di Italy


Jumat, 01 November 2019 - 14:26:06 WIB
Diposting oleh : taurina eka
Kategori: Berita STTN - Dibaca: 61 kali


(Yogyakarta, 31/10/19). Fifi Nurfiana, M.Si dosen Jurusan Teknokimia Nuklir, Sekolah Tinggi Teknologi Nuklir – Badan Tenaga Nuklir Nasional (STTN – BATAN), berkesempatan mengikuti Nuclear Energy Management (NEM) School 2019 di Trieste, Italy yang diselenggarakan pada tanggal 7-18 Oktober 2019.

 

Agenda ini merupakan joint program antara International Atomic Energy Agency (IAEA) dan International Centre for Theoretical Physics (ICTP) yang diikuti oleh 30 peserta dari Indonesia, Perancis, Saudi Arabia, Cuba, Iran, Jordan, Brazil, Congo, Ukraina, Mexico, Argentina, Filipina, Ghana, India, Mesir, Nigeria, Pakistan, Kenya, dan Polandia.

 

NEM School fokus pada kompetensi manajerial dan teknis yang diperlukan untuk mendukung strategi energi nuklir nasional, yang ditujukan untuk profesional muda di negara member state IAEA yang berencana untuk mengembangkan atau sedang dalam proses memulai program energi nuklir.

 

NEM School memberikan perspektif terhadap pengetahuan dalam bidang-bidang yang relevan dengan tugas IAEA dalam siklus energi nuklir keseluruhan seperti perizinan dan regulasi nuklir, kebijakan energi nuklir, budaya keselamatan, siklus bahan bakar nuklir, keselamatan nuklir, keamanan dan perlindungan fasilitas nuklir, serta aplikasi sains menggunakan teknologi nuklir. Kegiatan NEM School mencakup kuliah teori dalam bidang tersebut, diskusi panel, studi kasus, kunjungan teknis ke fasilitas Elettra Sincrotrone Trieste, proyek kelompok, dan tes akhir.

 

Program dirancang untuk berbagi pengetahuan energi nuklir dari negara member state dan IAEA, memberikan kesadaran luas dan perspektif internasional tentang masalah yang terkait dengan energi nuklir; memperoleh manfaat dari pengalaman pengajar dengan berbagai latar belakang (industri, akademisi, dan IAEA), meningkatkan peluang jaringan di antara para peserta, mampu mengidentifikasi aspek spesifik dari manajemen energi nuklir dalam menerapkan strategi energi nuklir nasional.

 

Semoga Indonesia segera dapat mewujudkan program energi nuklir yang berkontribusi dalam pencapaian renewable energy mix untuk kehidupan yang lebih baik (fn)

 



Berita Terkait:

0 Komentar :


Isi Komentar:
  • Nama :
  • Website :
  • Komentar :
  • (Masukkan 6 kode diatas)
  • Badan Pengawas Tenaga Nuklir
  • JURNAL FORUM NUKLIR
  • BATAN
  • Tracer Alumni
Top
  • Follows us our servcies