Tahun ini Terbuka Lowongan ASN bagi Alumni STTN yang Memiliki Sertifikasi Radiografi di Pustekroket


Jumat, 15 November 2019 - 16:43:04 WIB
Diposting oleh : taurina eka
Kategori: Berita STTN - Dibaca: 323 kali


(Yogyakarta, 14/11/19). Sebanyak tujuh orang dosen Jurusan Teknofisika Nuklir Sekolah Tinggi Teknologi Nuklir – Badan Tenaga Nuklir Nasional (JTFN STTN - BATAN) melakukan kunjungan industri ke Pusat Teknologi Roket (Pustekroket - LAPAN) pada hari Selasa, 5 November 2019. Kegiatan ini merupakan bagian dari tindaklanjut Forum Group Discussion (FGD) antara Pustekroket dengan STTN-BATAN terkait penyusunan standar keberterimaan propelan roket dan penelitian bersama yang bertujuan mempertajam rencana tindak dan bagian dari kegiatan evaluasi kurikulum program studi di bawah JTFN serta mencari informasi tentang kebutuhan kompetensi bagi alumni STTN yang akan bekerja di Pustekroket.

 

Kunjungan industri yang melibatkan dosen dari JTFN ini rutin dilakukan sebagai salah satu bentuk aplikasi match and link ilmu yang diajarkan di kelas perkuliahan dengan realita yang terjadi di lapangan, sehingga terjadi simbiosis mutualisme antara akademisi dan industri dalam menyelesaikan masalah di industri.

 

“Melalui kunjungan ke industri, dosen JTFN dapat secara langsung melihat permasalahan dan kegiatan apa saja yang berlangsung di dunia industri dan membawa permasalahan tersebut sebagai sebuah ide penelitian ketika kembali di kampus,” kata Adi Abimanyu selaku pimpinan rombongan dari JTFN-STTN. Lebih lanjut Adi menjelaskan, melalui kunjungan industri, dirinya bersama tim dosen dapat mengetahui bagaimana kesesuaian antara kurikulum yang tengah dijalankan di kampus dengan kebutuhan industri yang tengah berkembang.

 

Pada kesempatan tersebut, manajemen Pustekroket memberikan apresiasi serta mendorong agar kegiatan ini tidak berhenti sampai disini saja, tetapi dapat didorong menjadi kegiatan kerjasama dalam payung MoU. Kepala Pustekroket juga menyampaikan bahwa Pustekroket terbuka bagi mahasiswa STTN yang ingin melakukan kerja praktik maupun penelitian tugas akhir disana serta pada tahun ini Pustekroket juga mengalokasikan lowongan ASN bagi alumni STTN yang memiliki sertifikasi radiografi.

 

Kunjungan industri ke Pustekroket terdiri atas sesi indoor dan outdoor. Selama sesi indoor, melakukan pertemuan dan diskusi dengan pihak Pustekroket tentang teknologi propelan, cara memproduksi propelan serta bagaimana menjamin kualitas propelan yang dihasilkan menggunakan teknik Non Destructive Test (radiografi). Diskusi menjadi lebih menarik karena dihasilkan milestone kegiatan yang akan dilakukan pada tahun 2020 seperti proses pengambilan citra tomografi propelan menggunakan betatron milik STTN dan rencana FGD tentang penyusunan standar keberterimaan. Kegiatan ditutup dengan mengunjungi laboratorium guna melihat secara langsung proses produksi dan pengujian propelan.(abm)

 

 



Berita Terkait:

0 Komentar :


Isi Komentar:
  • Nama :
  • Website :
  • Komentar :
  • (Masukkan 6 kode diatas)
  • Badan Pengawas Tenaga Nuklir
  • JURNAL FORUM NUKLIR
  • BATAN
  • Tracer Alumni
Top
  • Follows us our servcies