Belajar Pemanfaatan Nuklir, Mahasiswa IAIN Syekh Nurjati, Cirebon Melaksanakan Kunjungan ke STTN


Jumat, 06 Desember 2019 - 09:45:47 WIB
Diposting oleh : taurina eka
Kategori: Berita STTN - Dibaca: 64 kali


(Yogyakarta, 5/12/19). Sekitar 120 mahasiswa IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Jurusan Tadris Biologi melaksanakan kunjungan ke Sekolah Tinggi Teknologi Nuklir – Badan Tenaga Nuklir Nasional (STTN – BATAN). Kunjungan yang berlangsung pada hari Senin, 2 Desember 2019 tersebut merupakan kegiatan yang dilaksanakan oleh mahasiswa IAIN Syekh Nurjati Cirebon sebagai bagian dari studi lapangan dalam rangka menambah pengetahuan serta meningkatkan kompetensi mahasiswa.

 

Dr. Kartimi, M. Pd selaku dosen pembimbing menyampaikan, kunjungan lapangan ke STTN ini adalah untuk pertama kalinya. Adapun maksud dan tujuan kunjungan, yaitu untuk meningkatkan wawasan dan pengetahuan serta meningkatkan kompetensi mahasiswa khususnya aplikasi iptek nuklir. Selain itu, melalui kunjungan ini, diharapkan mahasiswa dapat melihat secara langsung bagaimana pembelajaran yang ada di STTN. Kartimi juga berharap, akan adanya kerja sama antara STTN dengan IAIN Syekh Nurjati, Cirebon khususnya Jurusan Tadris Biologi, sehingga kunjungan seperti ini dapat menjadi agenda rutin tahunan, selain melaksanakan kerja sama dalam bidang Tri Dharma Perguruan Tinggi. Dalam kesempatan yang sama, juga dilakukan penyerahan draf perjanjian kerja sama antara Asep Mulyani, M.Pd, Sekretaris Jurusan Tadris Biologi, IAIN Syekh Nurjati Cirebon kepada Dr. Muhtadan, M.Eng,  Kepala Bagian Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan, STTN.

 

Kunjungan yang didampingi oleh 2 dosen pembimbing tersebut, secara langsung disambut oleh Muhtadan. Melalui sambutannya, Muhtadan memperkenalkan secara singkat profil STTN, yaitu sebagai perguruan tinggi kedinasan di bawah BATAN. Muhtadan juga menyambut baik harapan dari IAIN Syekh Nurjati, Cirebon untuk dapat melaksanakan kerja sama dengan STTN dalam rangka pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi. “Semoga ke depannya kerja sama antara STTN dan IAIN Syekh Nurjati, Cirebon dapat terwujud dengan baik, sehingga pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi dapat dilaksanakan bersama,” jelasnya.

 

Kunjungan dimulai dari pukul 08.00 WIB dan diakhiri pukul 11.00 WIB, dengan diawali penyampaian sambutan dari STTN dan IAIN Syekh Nurjati Cirebon Jurusan Tadris Biologi, dilanjutkan dengan kunjungan ke beberapa laboratorium, diakhiri dengan penjelasan materi tentang aplikasi iptek nuklir dan diskusi. Pemaparan aplikasi iptek nuklir disampaikan oleh Lutfi Aditya Hasnowo, M. Sc. Adapun laboratorium yang dikunjungi adalah laboratorium Iradiator, Laboratorium Instrumentasi Nuklir dan Laboratorium Instrumentasi Kimia. Kunjungan diikuti oleh peserta dengan antusias, baik saat kunjungan ke laboratorium maupun saat pemaparan materi di Auditorium STTN. (tek)

 

 



Berita Terkait:

0 Komentar :


Isi Komentar:
  • Nama :
  • Website :
  • Komentar :
  • (Masukkan 6 kode diatas)
  • Badan Pengawas Tenaga Nuklir
  • JURNAL FORUM NUKLIR
  • BATAN
  • Tracer Alumni
Top
  • Follows us our servcies