STTN Selenggarakan Workshop Mastercam bagi Mahasiswa Elmek


Jumat, 20 Desember 2019 - 16:18:22 WIB
Diposting oleh : taurina eka
Kategori: Berita STTN - Dibaca: 145 kali


(Yogyakarta, 19/12/19). Pada hari Rabu, 11 Desember 2019, Program Studi Elektro Mekanika, Sekolah Tinggi Teknologi Nuklir – Badan Tenaga Nuklir Nasional (STTN – BATAN) bekerja sama dengan PT. Unicam Indonesia mengadakan workshop tentang Mastercam yang bertempat di Auditorium STTN - BATAN.  Kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan mahasiswa Elektro Mekanika tentang software Mastercam yang biasa digunakan untuk mendesain produk menggunakan mesin berbasis Computer Numerical Control (CNC).

 

PT. Unicam Indonesia adalah dealer resmi software Mastercam di Indonesia. Perusahaan yang berlokasi di Jalan Dhuri Kalasan, Yogyakarta ini bergerak dalam bidang penjualan software Mastercam yang digunakan untuk menggambarkan atau merencanakan proses permesinan secara virtual melalui layar komputer. Hasil perencanaan proses permesinan tersebut selanjutnya digunakan sebagai pedoman pada pemrograman mesin CNC.  Mesin CNC yang bisa menggunakan software tersebut antara lain: mill 3 axis, 4 axis, dan 5 axis. Selain itu software ini biasa digunakan untuk mesin CNC lathe 2 axis, 3 axis, 4 axis, 5 axis, mesin wire cutt, dan mesin routher.

 

Workshop diikuti oleh mahasiswa Elektro Mekanika dari 4 angkatan mulai dari angkatan 2016 – 2019. Dimulai pada pukul 09.00 WIB, kegiatan diawali dengan sambutan dari Pembantu Ketua III, Ir. Dwi Priyantoro, M.Si serta pengarahan singkat dari Kepala Laboratorium Bengkel Mekanik, Suroso, SST, M.Sc. Selanjutnya acara penjelasan tentang software Mastercam yang disampaikan oleh Eko Purnomo yang merupakan Trainer senior dari PT. Unicam Indonesia. Eko Purnomo menjelaskan tentang software Mastercam, seperti pengenalan alat, aplikasi penggunaan, dan tips-tips dalam menggunakan software Mastercam.

 

Eko Purnomo juga menjelaskan tentang fitur-fitur yang ada dalam software Mastercam dan tutorial cara penggunaannya. Di akhir acara, mahasiswa Elektro Mekanika dijelaskan tentang proses pemindahan data program yang sudah dibuat di software Mastercam untuk kemudian diaplikasikan ke mesin CNC yang berada dalam Laboratorium Bengkel Mekanik.

 

Harapan kegiatan ini bisa dilakukan secara bertahap dalam rangka membekali mahasiswa untuk memasuki dunia kerja. Selain itu, kerjasama antara STTN-BATAN dengan PT. Unicam Indonesia bisa ditingkatkan sehingga mahasiswa bisa mengikuti pelatihan dan mendapatkan sertifikat sebagai bukti kompetensi. (fm)



Berita Terkait:

0 Komentar :


Isi Komentar:
  • Nama :
  • Website :
  • Komentar :
  • (Masukkan 6 kode diatas)
  • Badan Pengawas Tenaga Nuklir
  • JURNAL FORUM NUKLIR
  • BATAN
  • Tracer Alumni
Top
  • Follows us our servcies