Mahasiswa Unej Melihat Pemanfaatan Fasilitas Iradiator untuk Memandulkan Lalat Buah


Kamis, 13 Februari 2020 - 14:01:44 WIB
Diposting oleh : taurina eka
Kategori: Berita STTN - Dibaca: 130 kali


(Yogyakarta, 13/2/20). Senin, 3 Februari 2020, berlangsung kunjungan dari mahasiswa Program Studi Fisika Universitas Jember, Jawa Timur ke Sekolah Tinggi Teknologi Nuklir – Badan Tenaga Nuklir Nasional (STTN – BATAN). Peserta berjumlah 9 orang dengan 1 dosen pembimbing (Dr. Ratna Dewi Syarifah). Peserta kunjungan sebelumnya mengikuti General Lecture yang diselenggarakan oleh STTN di Auditorium STTN. Tujuan kunjungan  adalah Laboratorium Instrumentasi Nuklir dan Fasilitas Iradiator.

 

Mahasiswa terkesan dengan kegiatan ini karena pada saat kunjungan, juga diberikan paparan pemanfaatan fasilitas Iradiator yang dalam hal ini disampaikan oleh mitra kerja sama STTN. Mitra kerja sama tersebut adalah para peneliti yang berasal dari mahasiswa S3 Universitas Gadjah Mada. Presentasi pertama disampaikan mengenai pemanfaatan Iradiator untuk meningkatkan enzime amilase pada jamur. Presentasi kedua disampaikan pelaksanaan penelitian menggunakan fasilitas Iradiator yang bertujuan untuk memandulkan lalat buah. Harapannya dengan usaha pemandulan ini, maka populasi lalat buah dapat ditekan, sehingga kerugian petani dapat dicegah.

 

STTN memiliki fasilitas Iradiator yang terbuka untuk dapat dimanfaatkan bersama dengan banyak pihak, khususnya terkait dengan penelitian. Kepala laboratorium, Sugili Putra, M.Sc menyampaikan hal tersebut dalam hampir setiap kunjungan ke fasilitas Iradiator STTN. Sebagian masyarakat juga masih belum paham pemanfaatan iptek nuklir untuk kesejahteraan masyarakat. Semakin banyak pihak yang memanfaatkan fasilitas Iradiator, akan semakin banyak masyarakat yang dapat mengakses informasi mengenai iptek nuklir dan memanfaatkan fasilitas Iradiator untuk keperluan pengembangan ilmu pengetahuan.

 

Kunjungan kedua adalah kunjungan ke Laboratorium Instrumentasi Nuklir. Kunjungan diterima oleh Kepala Laboratorium, Toto Trikasjono, ST, M. Kes. Pengunjung mendapatkan informasi mengenai peralatan terkait dengan pengukuran sumber radiasi dengan beberapa alat yang tersedia di laboratorium tersebut. (rtm)

 

 



Berita Terkait:

0 Komentar :


Isi Komentar:
  • Nama :
  • Website :
  • Komentar :
  • (Masukkan 6 kode diatas)
  • Badan Pengawas Tenaga Nuklir
  • JURNAL FORUM NUKLIR
  • BATAN
  • Tracer Alumni
Top
  • Follows us our servcies