STTN dan PusTek Roket LAPAN Lakukan Penelitian Bersama


Senin, 09 Maret 2020 - 14:49:20 WIB
Diposting oleh : taurina eka
Kategori: Berita STTN - Dibaca: 33 kali


(Yogyakarta, 9/3/20). Upaya nyata kerja sama antara Sekolah Tinggi Teknologi Nuklir – Badan Tenaga Nuklir Nasional (STTN – BATAN) dengan Pusat Teknologi (PusTek) Roket LAPAN yang berada di Rumpin Bogor diaktualisasikan dalam bentuk penelitian dan pembuatan sebuah draf standar keberterimaan bahan bakar roket (Propelan). Sampai saat ini, uji keberterimaan propelan roket menggunakan uji NDT berbasis radiografi dilihat pada bentuk dua dimensi. Kemudian tim STTN membantu pihak LAPAN dengan mengupayakan uji NDT dan pembuatan tomografi propelan (tiga dimensi), sehingga apabila terdapat cacat dalam propelan akan terlihat menjadi lebih jelas.

 

Pada kegiatan tersebut, 2 mahasiswa STTN Program Studi Elektronika Instrumentasi (Elins) yang terlibat adalah Lydia Radita Sinta Nugraheni dan Rizaldy Nuriansyah (Elins 2016). Penelitian Lydia sendiri berkonsentrasi pada pembuatan tomografi propelan sedangkan penelitian Rizaldy tentang pembuatan mekanik dan elektronik meja putar yang digunakan untuk memutar propelan pada saat penembakan propelan menggunakan sumber Co-60.

 

Kegiatan penelitian kerja sama ini dilaksanakan pada hari Kamis dan Jum’at tanggal 5 - 6 Maret 2020. Pada hari pertama tim STTN melakukan observasi dan seting alat. Pada penelitian ini menggunakan sumber Co-60 dan menggunakan contoh propelan berukuran 100 mm. Pada hari kedua tim STTN dibagi menjadi 2 kelompok, kelompok pertama Ir. Zaenal Abidin, M. Kes, Suroso, M. Sc, dan Tasih Mulyono, SST bertugas untuk membahas tentang standar keberterimaan roket dengan tim PusTek Roket LAPAN. Kelompok kedua terdiri dari Halim Hamadi, M. Sc, Praptana, A. Md, Sigit Suryantono, BE beserta kedua mahasiswa melakukan pengambilan data propelan menggunakan sumber Co-60.

 

Selain kegiatan penelitian yang dilaksakana pada kegiatan ini, dibahas juga tentang kerja praktik yang dapat dilakukan oleh mahasiswa STTN di PusTek Roket LAPAN. LAPAN dengan senang hati menerima mahasiswa yang berkeinginan untuk KP di PusTek Roket LAPAN.  Selain itu, LAPAN juga membuka peluang penerimaan CPNS yang mempunyai sertifikasi AR/OR untuk alumni STTN. Kedepanya kerja sama antara STTN dengan PusTek Roket dapat ditingkatkan sehingga akan banyak mahasiswa STTN yang dapat Kerja Praktek maupun Tugas Akhir di PusTek Roket LAPAN. (hh)

 



Berita Terkait:

0 Komentar :


Isi Komentar:
  • Nama :
  • Website :
  • Komentar :
  • (Masukkan 6 kode diatas)
  • Badan Pengawas Tenaga Nuklir
  • JURNAL FORUM NUKLIR
  • BATAN
  • Tracer Alumni
Top
  • Follows us our servcies