Kiprah Kartini Masa Kini STTN


Selasa, 21 April 2020 - 18:03:37 WIB
Diposting oleh : taurina eka
Kategori: Berita STTN - Dibaca: 98 kali


(Yogyakarta, 21/4/20). Raden Ajeng Kartini dikenang sebagai sosok yang memperjuangkan hak-hak perempuan di Indonesia. Oleh karenanya setiap tanggal 21 April yang merupakan hari lahir Kartini diperingati sebagai Hari Kartini untuk mengenang jasa-jasanya. Kartini dikenal sebagai pahlawan emansipasi perempuan, sehingga menjadikan perempuan diakui kesetaraannya dengan laki-laki dan dapat berkiprah di berbagai bidang pekerjaan.

 

Dova, kartini masa kini yang berstatus mahasiswa Sekolah Tinggi Teknologi Nuklir- Badan Tenaga Nuklir Nasional (STTN – BATAN) semester VII yang saat ini sedang melaksanakan Tugas Akhir di Thailand berharap semua kaum perempuan dapat meneladani sifat Kartini, menjadi inspiratif bagi orang lain, dan terus berkarya untuk Indonesia melalui bidangnya masing-masing. Selain itu sebagai kartini masa kini dengan status pelajar / mahasiswa, maka sudah seharusnya memiliki semangat belajar yang tinggi, pantang menyerah dalam menuntut ilmu, berpikir kritis dan kreatif untuk meraih cita-cita di masa depan.

 

Bagi Fifi Nurfiana, M. Si, dosen muda STTN yang telah beberapa kali mengikuti pelatihan bidang kenukliran di beberapa negara belahan dunia, seperti di Korea, Italy, Serbia, Austria, Hungaria, dan juga North Macedonia mengungkapkan bahwa perjuangan Kartini masih terasa dalam diri setiap wanita Indonesia. Perjuangan saat ini telah berbeda, tak lagi tentang membebaskan diri dari budak manusia atau usaha melawan senjata. Perjuangan kita adalah bagaimana mengenyahkan keraguan diri, melawan hati dan pikiran yang sudah lama menutup dari perubahan kearah kebaikan. “Bukan sekedar eksistensi atau sebatas emansipasi. Kita punya tanggungjawab yang lebih besar untuk diri pribadi, untuk keluarga, dan lingkungan dimana kita berada dalam bingkai ketakwaan pada Tuhan Yang Maha Esa,” jelasnya.

 

Sementara itu Aditya Rahmandari, alumni STTN yang saat ini menjabat sebagai Kepala Teknik Tambang, PT. Sariwiguna Binasentosa menyampaikan, sosok Kartini merupakan seorang wanita yang dengan kasihnya berusaha mencurahkan pemikiran serta gagasan bagi terdidiknya wanita Indonesia. Menciptakan peluang bagi wanita Indonesia untuk mendapatkan Pendidikan, maka pada masa itulah, telah nyata terbukti mampu merubah masa gelap menjadi terang. Semangat Kartini menjadi inspirasi untuk menjadi wanita pembelajar hingga dapat bermanfaat bagi sesama. “Sebagai Kartini masa kini, besar harapan saya untuk terus dapat menerapkan "Semangat Kartini" dalam kehidupan. Semangat untuk terus maju, terus belajar dan terus bermanfaat bagi sesama,” ungkapnya.

 

Lebih lanjut, Aditya Rahmandari yang akrab dipanggil Tya mengatakan pada kondisi pandemi Covid-19 ini, sebaiknya sebagai kartini masa kini jika punya cukup kesempatan dan kemampuan maka sebaiknya turut berpartisipasi secara aktif sebagai volunteer di berbagai bidang terkait dengan penyuksesan penanganan Covid-19. Namun jika belum punya kesempatan, maka sebaiknya turut serta dengan gerakan dirumah aja dan mengikuti segala anjuran pemerintah demi kebaikan bersama, mematuhi physical distancing dan menjaga kebersihan berarti kita juga telah berpartisipasi dalam menyikapi pandemi ini.

 

Kartini masa kini memainkan banyak peranan, tidak hanya sebatas pada emansipasi, tapi juga peran dalam keluarga tidak boleh ditinggalkan. Peran Kartini dalam rumah tangga menjadi semakin penting dalam situasi pandemi seperti sekarang, seperti mendampingi anak belajar dari rumah, memastikan tiap anggota keluarga tetap sehat, terjaga asupan gizinya serta bukan tidak mungkin Kartini masa kini perlu menciptakan kegiatan bermain agar anak-anak tidak bosan berdiam diri di rumah selama masa pandemic Covid-19 ini. Yuk, jadi Kartini yang cerdas dan tangguh, yang bisa meningkatkan kualitas pemberdayaan perempuan Indonesia dengan semangat dari Kartini. Teruslah melangkah, tetap semangat dalam menjalankan peran sebagai seorang perempuan, yang selalu siap berkarya demi keluarga, agama dan bangsa. (tek)



Berita Terkait:

0 Komentar :


Isi Komentar:
  • Nama :
  • Website :
  • Komentar :
  • (Masukkan 6 kode diatas)
  • Badan Pengawas Tenaga Nuklir
  • JURNAL FORUM NUKLIR
  • BATAN
  • Tracer Alumni
Top
  • Follows us our servcies