MMTC Benchmarking SIMPONI ke STTN


Senin, 22 Juni 2020 - 16:56:41 WIB
Diposting oleh : taurina eka
Kategori: Berita STTN - Dibaca: 15 kali


(Yogyakarta, 19/6/20). Perkembangan teknologi yang semakin pesat, menjadi tantangan tersendiri bagi lembaga pendidikan untuk terus berupaya memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, salah satunya terkait dengan peningkatan fasilitas pembayaran/penyetoran penerimaan negara. Sekolah Tinggi Teknologi Nuklir – Badan Tenaga Nuklir Nasional (STTN – BATAN) mulai mengembangkan sistem pembayaran dengan fasilitas Modul Penerimaan Negara Generasi ke-2 (MPNG-2) pada tahun 2016, dan diaplikasikan pada tahun 2017. Modul ini merupakan aplikasi berbasis web bagi pembayaran pajak, cukai, PNBP, dan non-anggaran. Salah satu bagian dari sistem MPNG-2 adalah Sistem Informasi PNBP Online (SIMPONI), dimana merupakan sistem billing yang dikelola oleh DJA untuk memfasilitasi pembayaran/penyetoran PNBP dan penerimaan non anggaran. SIMPONI memberi kemudahan bagi wajib bayar/wajib setor untuk membayar/menyetor PNBP dan penerimaan non anggaran melalui berbagai channel pembayaran seperti teller (Over The Counter), ATM (Automatic Teller Machine), EDC (Electronic Data Capture), maupun internet banking. Dengan demikian, masyarakat bebas memilih berbagai alternatif metode pembayaran yang sesuai dengan kebutuhannya.

 

Mendasarkan pada hal tersebut, Sekolah Tinggi Multi Media “MMTC” Yogyakarta, pada hari Kamis, 18 Juni 2020 melaksanakan benchmarking ke STTN terkait dengan pemanfaatan SIMPONI di STTN. Berjumlah 6 orang, tim dari MMTC tersebut diterima langsung oleh Ketua STTN, Edy Giri Rachman Putra, Ph. D bersama dengan Kepala Bagian Administrasi Umum (Ir. Isman Mulyadi Triatmoko), Kepala Bagian Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan (Dr. Muhtadan, M. Eng) serta Kepala Subbagian Keuangan (Lutfi Syarif Ahmad, SAB).

 

Ulil Hakam, S.Sos, MA selaku Kepala Bagian Administrasi Umum MMTC dalam sambutannya menyampaikan tujuan kedatangannya ke STTN, yaitu untuk belajar dengan STTN terkait dengan SIMPONI, bagaimana prosesnya sehingga STTN bisa mensinergikan dengan SIMPONI. Hal tersebut disambut baik oleh Ketua STTN, Edy Giri Rachman Putra, Ph. D, yang juga berharap bahwa kunjungan ini dapat memberikan manfaat bagi semua. “Kunjungan ini semoga memberi manfaat bagi semua, kita bisa saling bertukar informasi yang dibutuhkan,” ungkapnya.

 

Pada pelaksanaan benchmarking tersebut, disampaikan pemaparan materi tentang proses bisnis terkait dengan pemanfaatan Sistem Informasi Terpadu (SINAU) STTN dengan SIMPONI oleh Dr. Muhtadan, M. Eng, dan teknis interkoneksi SINAU STTN dengan MPNG2 SIMPONI oleh Lutfi Syarif Ahmad, SAB. Diskusi hangat menjadikan suasana tidak kaku. Kunjungan diakhiri dengan penyerahan cinderamata dari masing-masing instansi. (tek)



Berita Terkait:

0 Komentar :


Isi Komentar:
  • Nama :
  • Website :
  • Komentar :
  • (Masukkan 6 kode diatas)
  • Badan Pengawas Tenaga Nuklir
  • JURNAL FORUM NUKLIR
  • BATAN
  • Tracer Alumni
Top
  • Follows us our servcies