Pada Masa Pandemi Covid-19, Ujian Akhir Semester STTN dilaksanakan Online


Rabu, 24 Juni 2020 - 10:18:17 WIB
Diposting oleh : taurina eka
Kategori: Berita STTN - Dibaca: 7 kali


(Yogyakarta, 22/6/20). Sekolah Tinggi Teknologi Nuklir – Badan Tenaga Nuklir Nasional (STTN – BATAN) kembali melaksanakan ujian secara online, setelah sebelumnya Ujian Tengah Semester (UTS) Genap 2019/2020 juga dilaksanakan secara online. Ujian Akhir Semester (UAS) dilaksanakan dari tanggal 22 Juni – 6 Juli 2020. Pada masa pandemi Covid-19 ini, semua kegiatan akademik tatap muka langsung di STTN ditiadakan, mulai dari pelaksanaan perkuliahan sampai dengan pelaksanaan ujian dengan waktu sesuai dengan perkembangan situasi dan kondisi Covid-19.

 

Budi Suhendro, M. Kom selaku Kepala Subbagian Akademik dan Pengajaran STTN menyampaikan bahwa mekanisme UAS online kali ini sama dengan mekanisme UTS online yang telah dilaksanakan sebelumnya. “Mahasiswa melaksanakan ujian sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan, dimana mahasiswa terlebih dahulu harus mendownload soal pada link yang telah diberikan sesuai dengan program studi dan tanggal pelaksanaannya. Soal akan tersedia pada link tersebut dengan nama matakuliah lima menit sebelum jam pelaksanaan ujian,” jelasnya

 

Lebih lanjut disampaikan Budi, bahwa setelah soal didownload, mahasiswa dapat mengerjakan soal, dan menuliskan jawaban pada aplikasi pengolah kata atau ditulis pada lembar jawaban serta diubah menjadi file elektronis. File pengerjaan disimpan dengan nama file yang ditentukan, kemudian dikirimkan ke alamat email panitia dengan subject email sesuai dengan yang telah ditentukan.

 

Kartini Megasari, M. Eng selaku Ketua Jurusan Teknokimia Nuklir menjelaskan bahwa imbas dari kondisi pandemi Covid-19 ini, banyak praktikum yang menuntut “hand on” di laboratorium terhenti, sehingga proses belajar mengajar belum selesai. Oleh karenanya, pelaksanaan UAS kali ini, berbeda dengan pelaksanaan UAS biasanya. “Pada pelaksanaan UAS online ini, Jurusan TKN hanya melaksanakan ujian untuk mata kuliah teori. Ujian teori praktikum maupun ujian praktikum tidak dilaksanakan pada saat ini, kecuali untuk praktikum TIK dan praktikum Gambar Teknik yang tetap dilaksanakan,” jelasnya.

 

Sementara itu, Adi Abimanyu, M. Eng selaku Ketua Jurusan Teknofisika Nuklir menyampaikan bahwa selain mata kuliah bersifat teori, untuk mata kuliah praktikum saat ini tetap dilaksanakan ujian teori praktikum bagi mata kuliah praktikum yang sudah selesai melaksanakan penjelasan praktikum. “Ujian praktikum akan dilaksanakan secara offline, menunggu informasi dan perkembangan lebih lanjut,” ungkapnya. (tek)



Berita Terkait:

0 Komentar :


Isi Komentar:
  • Nama :
  • Website :
  • Komentar :
  • (Masukkan 6 kode diatas)
  • Badan Pengawas Tenaga Nuklir
  • JURNAL FORUM NUKLIR
  • BATAN
  • Tracer Alumni
Top
  • Follows us our servcies