Mahasiswa STTN Kunjungi Marine Science Techno Park (MSTP) UNDIP Jepara


Selasa, 17 November 2020 - 12:42:04 WIB
Diposting oleh : taurina eka
Kategori: Berita STTN - Dibaca: 36 kali


(Jepara 5/11/20) Enam mahasiswa Sekolah Tinggi Teknologi Nuklir, Badan Tenaga Nuklir Nasional (STTN – BATAN) Yogyakarta jurusan Teknokimia Nuklir bersama Ketua STTN BATAN, Edy Giri Rachman Putra, PhD berkunjung ke Marine Science Techno Park (MSTP), Universitas Diponegoro (UNDIP) yang berada di Jepara, Kamis 5 November 2020. MSTP UNDIP Jepara ini berdiri di atas lahan seluas 52 Ha yang berada di desa Teluk Awur, Tahunan, Jepara, Jawa Tengah. Berbagai sarana dan prasarana telah disediakan di MSTP untuk menunjang pengembangan riset dan implementasi inovasi, inkubasi penumbuhan wirausaha baru berbasis teknologi kelautan serta fasilitas kolaborasi antara industri, pemerintah, akademik untuk percepatan komersialisasi hasil riset.

 

Kunjungan ini bertujuan untuk mempererat hubungan kedua institusi pendidikan tinggi dan juga sharing knowledge antara UNDIP dan STTN BATAN, di mana sebelumnya telah terjalin kerjasama antara MSTP UNDIP dengan BATAN, khususnya BATAN Loka Jepara. Rombongan disambut hangat oleh Bapak Drs. Heryoso Setiyono, MSi perwakilan dari UNDIP Jepara. Setelah berbincang-bincang dan bertukar pengalaman, rombongan STTN BATAN diajak berkeliling lokasi Laboratorium Alam milik MSTP UNDIP Jepara.

 

Keenam mahasiswa yaitu Alifha Octaviona, Aneira Kristiani, Ardiva Wahyu Adhitama, Lulu Fahriah Lihawa, Maulana Alfi Pradana dan Sebastianus Dani Ganesha, diajak untuk berkeliling dan mengenal beberapa fasilitas dan laboratorium yang berada di dalam Gedung Utama MSTP UNDIP Jepara, seperti ruangan Theater, ruang Penyimpanan dan Preparasi, Laboratorium Optik dan Neraca serta Laboratorium Instrumentasi.  Fasilitas dan laboratorium tersebut digunakan sebagai sarana dan prasarana dalam kegiatan praktikum dan penelitian mahasiswa Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) UNDIP. Rombongan juga diajak diajak berkeliling fasilitas penunjang berkonsep laboratorium alam, meliputi gedung utama, tambak pembudidayaan udang, pusat pembenihan udang, hutan pinus, hutan mangrove alami dan juga dermaga.

 

Kegiatan ini sangat positif dan diharapkan dapat menunjang terwujudnya NuSTEP (Nuclear Science, Technology and Education Park) di Kampus STTN/Politeknik di Ujungwatu Jepara sebagai laboratorium alam yang digunakan untuk studi lingkungan, khususnya kelautan berbasis teknologi nuklir. Diharapkan MSTP UNDIP Jepara dapat menjadi mitra kerjasama strategis bagi NuSTEP STTN Jepara kedepannya. (ao/ak/awa/lfl/map/sdg)

 



Berita Terkait:

0 Komentar :


Isi Komentar:
  • Nama :
  • Website :
  • Komentar :
  • (Masukkan 6 kode diatas)
  • Badan Pengawas Tenaga Nuklir
  • JURNAL FORUM NUKLIR
  • BATAN
  • Tracer Alumni
  • IKM STTN
Top
  • Follows us our servcies