Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama STTN-PT. Yokogawa Indonesia


Rabu, 18 November 2020 - 10:42:26 WIB
Diposting oleh : taurina eka
Kategori: Berita STTN - Dibaca: 37 kali


(Yogyakarta, 5/11/20). Pada tanggal 16 September 2020 telah dilaksanakan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama antara Sekolah Tinggi Teknologi Nuklir – Badan Tenaga Nuklir Nasional (STTN – BATAN) dan PT. Yokogawa Indonesia. Perjanjian kerja sama dilaksanakan dalam rangka pengembangan dan pemanfaatan Distributed Control System dalam mendukung Program Teaching Industry. Pandemi Covid-19 tidak menjadi penghalang bagi STTN untuk menjalin kerja sama dan menyepakati rencana kegiatan yang akan dilaksanakan 5 tahun mendatang. Pandemi bisa menghalangi orang untuk bertatap muka langsung tetapi masih ada pilihan untuk dapat menandatangani secara desk to desk dan tidak mengurangi esensi dari isi kerja sama yang akan dilakukan.

 

Secara legal formal penandatanganan kerja sama dengan PT. Yokogawa Indonesia memang baru dilakukan pada tahun 2020 ini, tetapi pada kenyataannya kerja sama telah dimulai jauh sebelumnya. PT. Yokogawa Indonesia merupakan penyedia fasilitas mini plant Distributed Control System (DCS) yang merupakan sebuah sistem kendali secara komputerisasi dan terintegrasi dengan sebuah program (software) yang bisa dimanfaatkan oleh seluruh prodi di STTN dan telah diresmikan oleh Kepala BATAN pada tanggal 19 Desember 2017. Pengembangan kompetensi SDM juga dilakukan antara lain dengan pelaksanaan training Field Instrument DCS bagi Dosen dan Mahasiswa pada tanggal 25-26 Juni 2018, pelaksanaan kuliah umum pada tanggal 2 Maret 2020 dengan narasumber dari PT. Yokogawa Indonesia. Kunjungan industri bagi dosen dan Mahasiswa pada tanggal 30 Juli-1 Agustus 2019 serta pelaksanan kerja praktik bagi mahasiswa STTN yang rutin dilakukan di PT Yokogawa Indonesia.

 

Itikad baik untuk saling mengikatkan diri dalam sebuah perjanjian kerja sama telah dimulai dan pembahasan kerja sama telah dilaksanakan pada tanggal 13-14 Agustus 2020 untuk kemudian dilakukan penandatanganan. Lingkup perjanjian antara lain berisi tentang pengembangan SDM melalui program pelatihan, penyediaan nara sumber, penyediaan pemagangan maupun sertifikasi, pengembangan aplikasi peralatan dan teknologi serta penyediaan sarana dan prasarana dan berbagi data dan informasi yang diperlukan untuk pelaksanaan kerja sama untuk mendukung teaching industry di STTN.

 

Kerja sama dikoordinasi masing-masing pihak yaitu dari STTN oleh Kepala Laboratorium Distributed Control System/DCS, sedangkan dari PT. Yokogawa Indonesia dikoordinasi oleh Learning Research Center. (rtm)



Berita Terkait:

0 Komentar :


Isi Komentar:
  • Nama :
  • Website :
  • Komentar :
  • (Masukkan 6 kode diatas)
  • Badan Pengawas Tenaga Nuklir
  • JURNAL FORUM NUKLIR
  • BATAN
  • Tracer Alumni
  • IKM STTN
Top
  • Follows us our servcies